RENUNGAN HARIAN (SABTU, 24 SEPTEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

SABTU, 24 SEPTEMBER 2022

PEKAN BISA XXV(Hijau)

St. Gerardus dr Hungaria; St. Pasifikus;

BACAAN I: Pkh. 11:9-12.8;

MAZMUR: 90:3-4.5-6.12-13.14.17;

BACAAN II: Lukas 9:43b-45

RENUNGAN HARIAN:

MELIHAT YANG TERSEMBUNYI 

Gajah di pelupuk mata tidak tampak, kuman di seberang lautan tampak." Mata buram tidak bisa melihat dengan jelas. Mata tanpa pengetahuan tidak bisa melihat dengan pengertian. Mata hampa tidak bisa melihat hal yang sarat makna. Mata jasmani, tanpa iman tidak bisa melihat yang rohani. Bisakah kita melihat yang dikatakan Yesus tanpa pengenalan dan iman yang baik akan Dia? 

Hari ini kita mendengar dalam Injil, "Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya..." Apa gerangan yang membuat pengalaman demikian bahwa mereka heran dan takjub tetapi tidak mengerti? Pertama, tanpa membaca Kitab Suci, pengenalan iman kita akan Yesus pasti akan sangat dangkal. Kedangkalan ini membuat orang salah mengerti dan menafsir, kemudian mereka akan memiliki penghayatan iman yang dangkal. Karena itu, setiap orang beriman wajib membaca Kitab Suci. Dengan membaca Kitab Suci secara keseluruhan, kita akan mudah teringat, terkoneksi, dan tersadar akan apa yang dimaksudkan Yesus. Kedua, memohon bimbingan Roh Kudus. Jelas sekali bahwa Roh akan mengajari kita untuk mengerti banyak hal yang tersembunyi dan tidak dimengerti. Karena itu, peran Roh tidak terbantahkan dalam hidup seorang beriman, tanpa-Nya hidup rohani kita akan kering dan gersang. Ketiga, bertanya supaya lebih mengerti dan diteguhkan. Bertanya adalah salah satu dialog iman untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih baik lagi. Malu bertanya tersesat di jalan, itu kata pepatah. Maka supaya kita tidak tersesat, haruslah dengan rendah hati, kita bertanya kepada yang lebih bijaksana. Seperti 

Santo Agustinus berkata, "Aku percaya supaya mengerti, dan aku mengerti supaya percaya lebih baik lagi. Demikianlah kita kiranya dalam menghayati iman." Jika kita sungguh-sungguh mencintai Kitab Suci, memohon bimbingan Roh Kudus, dan bertanya dengan rendah hati akan rencana Tuhan dalam hidup kita, maka kita akan melihat rencana Tuhan yang tersembunyi itu. Apakah kita sudah melakukannya? (Rm. Yohanes Kartolo Malau, O.Carm.)

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SABTU, 24 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel