RENUNGAN HARIAN (RABU, 7 SEPTEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

RABU, 7 SEPTEMBER 2022

PEKAN BIASA XXIII (Hijau)

Sta. Regina.

BACAAN I: 1Kor. 7:25-31

MAZMUR: 45:11-12.14-17;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 6:20-26

RENUNGAN HARIAN:

BERSURACITA DAN BERGEMBIRALAH 

Cinta kasih selalu diikuti sukacita," demikian kata Paus Fransiskus dalam Gaudete et Exultate. Sukacita rupanya menjadi tanda nyata bahwa di hati kita ada cinta kasih. Jika sukacita memang sungguh penting, bagaimana kita dapat mengusahakannya dalam hidup harian kita yang terkadang sarat akan beban dan kesulitan? Bagaimana kita memenuhi sabda Tuhan, "Bersukacitalah dan bergembiralah Yesus dalam Injil hari ini seolah mengubah cara pandang dunia akan makna kehidupan. Apa yang selama ini dipandang sebagai sumber kesedihan seperti kemiskinan, kelaparan, pengalaman dibenci, dikucilkan, dicela, dan ditolak diangkat 

Yesus menjadi alasan untuk bersukacita. Ini semua tentu bertentangan dengan cara pikir manusia pada umumnya dari zaman dahulu hingga sekarang. Yesus bukan sedang menganjurkan agar kita tetap miskin, lapar, dibenci, ditolak, dan dikucilkan. Tidak sama sekali. Yesus hanya ingin memberi sudut pandang baru. Seandainya kita mengalami banyak penderitaan karena Yesus, kita patut bersukacita. 

Bagaimana kita dapat memaknai perkataan Yesus itu dalam hidup kita dewasa ini? Kata-kata Yesus tentu bukanlah sebuah kata-kata puitis yang bertujuan untuk memikat hati kita. Sabda Tuhan ini mengguncang, menantang, sekaligus memurnikan cara pandang kita. Yesus ingin kita melihat kembali perjalanan hidup kita. Apakah aku memandang hidup ini dari sisi yang terang ataukah dari sisi yang gelap? Apakah aku menjalani hidup ini bersama Tuhan atau hanya bersandar pada kekuatanku semata? Pilihan-pilihan inilah yang menentukan apakah kita dapat menjalani hidup ini dengan sukacita ataukah tidak. Kita selalu dapat memilih untuk hidup yang baik, lembut, dan ramah pada sesama sebagai wujud ucapan syukur kita atas pemeliharaan Tuhan. Apa pun yang terjadi dalam hidup ini, kita selalu memiliki alasan untuk bersukacita dan bergembira. Semuanya karena Tuhan selalu ada bagi kita. Oleh karena itu, ingatlah selalu akan sabda Tuhan, "Bersukacitalah dan bergembiralah (Rm. Charles Virgenius, O.Carm.) 

"Tangan Tuhan menyertai harimu dengan damai,
memberkati hatimu dengan cinta, 
dan menghiburmu dengan sukacita"

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (RABU, 7 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel