RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 5 SEPTEMBER 2022)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 5 SEPTEMBER 2022

PEKAN BIASA XXIII (Hijau)

Sta. Teresa dr Kalkuta

BACAAN I: 1Kor. 5:1-8

MAZMUR: 5:5-7.12;

BACAAN INJIL: Lukas. 6:6-11

Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya. Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia. Tetapi Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri. Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?" Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua, lalu berkata kepada orang sakit itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya. Maka meluaplah amarah mereka, lalu mereka berunding, apakah yang akan mereka lakukan terhadap Yesus.

RENUNGAN

Bagi bangsa Israel, pada hari Sabat tidak seorang pun yang diperbolehkan melakukan suatu pekerjaan. Mengapa? Karena hari Sabat merupakan hari yang dikhususkan untuk Allah. Atas dasar hal inilah, orang-orang Farisi dan para ahli Taurat berlomba-lomba untuk mengawasi orang-orang yang melanggar peraturan pada hari Sabat. Fokus mereka pada tindak pelanggaran yang terjadi dan lupa akan makna sesungguhnya hari Sabat, yakni perhatian dan cinta kasih Allah kepada segenap umat manusia. 

Melalui pertanyaan yang diajukan Yesus, hendak mengundang kembali setiap orang untuk menyadari makna hari Sabat. Perhatiaan dan cinta Allah yang dirayakan pada hari Sabat hendaknya terwujudnyatakan pula dalam tindakan kasih dan perhatian segenap umatnya pada sesama yang berada di sekitarnya. Karena Allah perhatian dan berbelas kasih, maka kita pun diundang untuk perhatian dan berbelas kasih kepada sesama kita. Itulah hari Sabat bagi kita. 

Bapa Yang Berbelas Kasih, semoga kami semakin peka terhadap situasi di sekitar kami, dan tergerak untuk berbuat kasih seperti yang Engkau tunjukkan kepada kami. Amin.

"Jangan hitung berapa banyak kamu kecewa,
tapi hitunglah berapa banyak
kebaikan Tuhan yang kamu terima"

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 5 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel