RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 19 SEPTEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 19 SEPTEMBER 2022

PEKAN BIASA XXV (Hijau)

St. Yanuarius; St. Theodorus

BACAAN I: Ams. 3:27-34

MAZMUR: 15:2-3ab.3cd-4ab;

BACAAN INJIL: Lukas. 8:16-18

"Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan. Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya."

RENUNGAN

Perumpamaan tentang pelita melanjutkan ajaran Tuhan Yesus tentang benih iman yang telah ditaburkan-Nya dan harapan agar bertumbuh di tanah yang subur (Luk 8:4-15). Dalam bacaan Injil hari ini, iman kita diumpamakan dengan pelita yang memberikan terang bagi setiap orang yang masuk ke dalam rumah. 

Tuhan Yesus menghendaki agar iman kita menjadi terang bagi banyak orang. Iman tidak hanya menyangkut hidup doa yang personal, tetapi juga bagaimana hidup kita menjadi perwujudan iman akan Allah yang mengasihi dan menyelamatkan. Iman menjadikan kita manusia yang penuh, bukan terpecah-pecah. Kita dipanggil menjadi pengikut-Nya tidak hanya dalam hidup menggereja dan berkomunitas bersama anggota Gereja, tetapi juga mewartakan kasih dalam kehidupan bermasyarakat. Harapannya, orang-orang di sekitar mengenali kita sebagai pengikut-Nya karena sungguh menjadi terang dan penyalur rahmat dalam kehidupan sehari-hari (Kis.1 1:26). 

Tuhan Yesus, kami bersyukur atas benih iman yang Engkau tanamkan dalam hati kami. Semoga Engkau menganugerahkan keberanian agar benih iman tersebut menerangi kehidupan kami sehari-hari dalam kehidupan bersama. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 19 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel