RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 27 SEPTEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 27 SEPTEMBER 2022

PEKAN BIASA XXVI

Pw. St. Vinsensius de Paulo (Putih)

BACAAN I: Ayb. 3:1-3.11-17.20-23

MAZMUR: 88:2-3.4-5.6.7-8;

BACAAN INJIL: Lukas. 9:51-56

Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem, dan Ia mengirim beberapa utusan mendahului Dia. Mereka itu pergi, lalu masuk ke suatu desa orang Samaria untuk mempersiapkan segala sesuatu bagi-Nya. Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia, karena perjalanan-Nya menuju Yerusalem. Ketika dua murid-Nya, yaitu Yakobus dan Yohanes, melihat hal itu, mereka berkata: "Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?" Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka. Lalu mereka pergi ke desa yang lain.

RENUNGAN

“Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia..." (Luk. 9:53). Salah satu kenyataan yang mungkin sulit untuk diterima dalam hidup ini adalah ketika kita ditolak dengan berbagai alasan, entah ditolak karena pekerjaan, pendidikan, relasi dengan pasangan, atau bahkan dengan keluarga kita sendiri. Pengalaman ini tentu membuat klta merasa sedih, kecewa, marah sejadi-jadinya, atau bahkan menganggap bahwa ini adalah akhir dari segalanya. Situasi seperti ini mungkin akan membuat rutinitas kita menjadi berantakan dan tentu merusak relasi kita dengan Tuhan. 

Pengalaman ditolak juga pernah dialami Yesus. la ditolak oleh orang-orang Samaria karena perjalanan-Nya menuju Yerusalem. Kedua murid-Nya, yaitu Yakobus dan Yohanes sangat marah akan kenyataan ini dan bahkan ingin menurunkan api dari langit untuk membinasakan mereka. Apa yang dilakukan Yesus? la berpaling dan menegor kedua murid-Nya dan pergi ke desa lain. Yesus tidak mengutuk orang-orang Samaria seperti yang dilakukan kedua murid-Nya. Yesus tidak membenci orang yang telah menolak-Nya. Kita bisa belajar dan meneladan sikap Yesus dalam menghadapi situasi seperti ini, di mana la tidak marah ketika ditolak dan bahkan Yesus mengajak orang lain juga untuk tidak mengutuk mereka yang menolak-Nya. Memang tidak mudah, tetapi rahmat Tuhan selalu menyertai. 

Ya Tuhan, ajarlah kami untuk tidak ntudah mengutuk dan membenci orang-orang yang membuat kami marah dan kecewa. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 27 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel