RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 23 SEPTEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 23 SEPTEMBER 2022

PEKAN BIASA XXV

PW St. Pandre Pio dr Pietrecina (Putih)

BACAAN I: Pkh. 3:1-11

MAZMUR: 144:1a.2abc.3-4;

BACAAN INJIL: Lukas 9:18-22

Pada suatu kali ketika Yesus berdoa seorang diri, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Ia bertanya kepada mereka: "Kata orang banyak, siapakah Aku ini?" Jawab mereka: "Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit." Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah." Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun. Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

RENUNGAN:

Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" (9:20). Pertanyaan yang hari ini diajukan Yesus akan sangat mudah dijawab bila mengandalkan intelektual belaka. Bagi sebagian orang, Yesus adalah Tuhan dan Mesias; sebagian lagi mengatakan bahwa la hanyalah utusan Tuhan; sebagian lagi sebatas mengagumi teladan kasih-Nya; dan sebagian lagi menganggapnya sebagai tokoh historis saja. Bagi kita orang Kristen, Yesus adalah Tuhan, Guru, dan Juru Selamat. Karena itu, konsekuensinya kita bertindak seturut ajaran Yesus Kristus. Maka, pertanyaan yang diajukan Yesus hari ini tidak berhenti pada konsep-konsep, tetapi Yesus ingin kita membuktikannya dalam laku hidup sehari-hari. 

Berkaca dari pengalaman keseharian, kita sadar siapakah Yesus dalam hidup kita selama ini? Apakah benar la kita jadikan sebagai Jalan, Kebenaran, dan Hidup dalam setiap tutur kata dan tindakan yang kita lakukan? Ataukah la hanya pembantu kita di saat sedang membutuhkan? Ataukah jangan-jangan la sekadar doktrin agama yang kita terima dari orang tua atau lingkungan sekitar? Marilah kita berefleksi perihal siapa Yesus bagi hidup kita. Semoga kita bisa semakin mengenal dan mengalami kehadiran Yesus dalam kehidupan kita masing-masing. 

Tuhan Yesus, kami sering kali melupakan kehadiran-Mu. Kami sering menolak suara-Mu jika tidak sesuai keinginan hati kami. Tuhan, ampunilah dan bimbinglah kami untuk semakin mengenal-Mu. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 23 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel