RENUNGAN HARIAN (SELASA, 23 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN

SELASA, 23 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XXI (HIJAU)

St. Rosa da Lima;

BACAAN I: 2Tes. 2:1-3a.13b-17

MAZMUR: 36:10-13

BACAAN INJIL: Matius 23:23-26

DOA PAGI:

Allah Bapa Pencipta Kehidupan, Engkau memanggil kami menjadi pelaksana sabda yang gigih dan tekun. Ajarilah kami menempa diri, menjadi pribadi yang tangguh, mengutamakan sabda-Mu lebih dari segala sesuatu yang fana di dunia ini. Amin

RENUNGAN:

Bapak Munafika (bukan nama sebenarnya), dikenal oleh lingkungannya sebagai orang yang munafik. Dia suka ngomong yang bagus-bagus, suka menunjukkan dirinya seakan-akan hebat dan dermawan, tetapi sebenarnya ia tidak pernah murah hati kepada orang-orang sekitar. la sering ngomong perlunya kerja sama di lingkungan, tetapi ia sendiri tidak pernah ikut kerjasama di lingkungan. Akibatnya, kalau ia ngomong sesuatu, yang lain hanya memandang sinis. 

Dalam injil hari ini Yesus mengecam ahli taurat dan orang Farisi. Mereka dikecam karena sikapnya yang munafik. Mereka membayar sepersepuluhan dan melakukan hal-hal kecil untuk dilihat orang, tetapi hal utama yaitu keadilan, belas kasihan dan kesetiaan diabaikan. Mereka membersihkan bagian luar, tetapi bagian dalam penuh rampasan dan kekuasaan. 

Kita dapat juga kena getah kemunafikan dalam hidup kita. Yaitu, kita menunjukkan diri agar kelihatan hebat dan suci di luaran, tetapi hati kita penuh dengan kedengkian, dendam, dan tindakan jahat, tidak adil, merampas hak orang lain dll. Hari ini kita diajak untuk membersihkan hati kita agar sungguh baik sehingga memengaruhi seluruh hidup kita. 

Apakah kita sendiri sering bersikap munafik dalam hidup beriman dan bersosial kita? Mengapa kita melakukan hal itu ? Bagaimana kita akan mengatasinya?


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SELASA, 23 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel