RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 4 SEPTEMBER 2022)



RENUNGAN HARIAN

MINGGU, 4 SEPTEMBER 2022

PEKAN BIASA XXIII (HIJAU)

Hari Minggu Kitab Suci Nasional

BACAAN I: Keb. 9:13-18;

Mzm. 90:3-4.5-6.12-13.14.17; 

BACAAN II: Flm. 9b-10.12-17; 

BACAAN INJIL: Lukas 14:25-33

RENUNGAN HARIAN:

MENCINTAI TUHAN 

Kita sering mendengar pertanyaan klasik, "Dari manakah datangnya cinta?" Dengan spontan kita akan menjawab, "Dari mata turun ke hati." Lalu jika demikian, dari manakah datangnya cinta kepada Tuhan? Bukankah kita tidak pernah melihat Tuhan sejelas kita melihat sesama? Jika demikian, apakah kita dapat mencintai Tuhan? 

Dalam Injil hari ini, kita mendengar ajaran Yesus tentang mencintai-Nya di atas segala-galanya. Bahkan, Yesus membandingkan cinta kepada anggota keluarga dengan cinta kepada Tuhan. Yesus menggunakan pilihan kata yang terkadang terasa keras dan sulit dimengerti, "Membenci ayah, ibu, dan sanak saudara" untuk menggambarkan pentingnya mencintai Tuhan di atas semuanya itu. Yesus mengajar setiap orang untuk mencintai-Nya di atas segala-galanya. Namun, pertanyaan selanjutnya adalah apakah hal ini mungkin untuk kita lakukan? Bagaimana kita dapat mencintai Tuhan lebih dari apa pun di dunia ini? 

Bila kita berusaha untuk mencintai Tuhan dan hanya beranggapan bahwa usaha ini semata-mata berangkat dari kemauan kita, sepertinya kita keliru. Mencintai Tuhan bukan hanya berarti usaha untuk mencintai-Nya, tetapi juga usaha untuk membuka diri atas cinta-Nya. Setiap orang pada akhirnya akan menyadari bahwa bukan seberapa besar usahaku untuk mencintai Tuhan, tetapi seberapa besar aku membiarkan diriku untuk dicintai oleh Tuhan, bukan seberapa besar usahaku untuk mencari Tuhan, tetapi seberapa besar usahaku untuk membiarkan diriku ditemukan oleh Tuhan. 

Di tempat pertama, kita perlu mengalami cinta Tuhan untuk dapat mencintai-Nya. Kita perlu membiarkan diri kita dicintai, disembuhkan, dan dipulihkan oleh-Nya. Hal ini berarti senantiasa bekerja sama dengan rahmat Tuhan untuk menghadirkan kembali Tuhan di saat-saat sulit dan gelap hidup kita, sehingga kita akhirnya menyadari betapa Tuhan senantiasa menyertai perjalanan hidup kita. Semoga kita dimampukan untuk mencintai Tuhan secara baru dan utuh daiam hidup ini. (Rm. Charles Virgenius, O.Carm.)


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 4 SEPTEMBER 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel