RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 7 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 7 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XIX (HIJAU)

St. Sixtus II, Paus, Sta. Afra

BACAAN I: Keb. 18:6-9

Mzm. 33:1.12.18-19.20.22; 

BACAAN II: Ibr. 11:1-2.8-19; 

BACAAN INJIL: Luk. 12:32-48

"Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan." Kata Petrus: "Tuhan, kamikah yang Engkau maksudkan dengan perumpamaan itu atau juga semua orang?" Jawab Tuhan: "Jadi, siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana yang akan diangkat oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk memberikan makanan kepada mereka pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. Akan tetapi, jikalau hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba laki-laki dan hamba-hamba perempuan, dan makan minum dan mabuk, maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang yang tidak setia. Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan. Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut."

RENUNGAN

Sabda Tuhan pada hari Minggu ini mengajak kita untuk hidup dalam kewaspadaan agar kita mengalami keselamatan. Sikap waspada tidak diartikan sebagai suasana tegang seperti orang yang akan maju perang, tetapi waspada di sini artinya kita selalu menjaga diri agar kita tidak mudah jatuh ke dalam dosa, tetapi tekun mencari serta mengumpulkan harta surgawi. Harta surgawi itu tidak lain dan tidak bukan adalah hidup yang penuh kasih, berani menolak berbagai godaan yang akan menjerumuskan kita ke dalam dosa, bermurah hati terhadap siapa pun dan selalu membuka hati untuk memberikan pengampunan terhadap sesama.

Kita memang harus bekerja dengan mengumpulkan harta duniawi agar kita dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Namun, saat yang sama kita juga dapat mencari harta surgawi dengan jujur saat bekerja, disiplin, tidak korupsi, bersaing secara sehat, kritis, berani bersuara jika menemukan hal-hal yang tidak benar, berani menolak segala ajakan yang tidak baik, dan memiliki kepedulian yang besar terhadap sesama yang sedang menderita. Itulah cara kita sebagai orang beriman menjaga diri dan hidup dalam kewaspadaan.

Ya Bapa, semoga kemilau harta duniawi tidak membutakan hati kami. Jagalah kami agar tetap semangat mencari dan mengumpulkan harta surgawi. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 7 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel