RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 11 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN

KAMIS, 11 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XIX 

Pw. Sta. Klara dr Assisi (Putih)

BACAAN I: Yeh. 12:1-12

MAZMUR: 78:56-57.58-59.61-62;

BACAAN INJIL: Injil Matius 18:21-19:1

DOA PAGI:

Allah Sumber Cahaya Sejati, dengan penuh kasih Engkau telah membimbing St. Klara untuk mencintai hidup miskin. Semoga berkat doanya kami yang mengikuti Kristus dalam semangat kemiskinan, mampu berbela rasa terhadap mereka yang miskin dan menderita. Amin

RENUNGAN:

Dalam salah satu artikel penelitian yang pernah saya baca, dikatakan demikian. Laki-laki itu sulit mengampuni tetapi mudah melupakan. Sedangkan perempuan itu mudah mengampuni, memaafkan, tetapi sulit melupakan. Memang tidak semuanya begitu. Namanya saja penelitian, tentu tidak akan seratus persen semua orang seperti itu. Bisa saja kebalikannya juga. Hanya saja kecenderungan besar seperti itu. Anda boleh setuju, boleh tidak. Bagaimana dengan diriku sendiri?

Pertanyaan Petrus mungkin bisa ikut menggambarkan situasi laki-laki “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadapku? Sampai tujuh kali?” (Mat. 18:21). Sepertinya dengan mengatakan jumlah “tujuh kali” rasanya sudah cukup namun juga berat. Berat kalau harus mengampuni sampai tujuh kali. Mungkin Petrus mengatakan dalam hati, “Kebanyakan itu, Tuhan”. Suliiiitt! Keterlaluan orang itu. Masa berbuat kesalahan yang sama, pada orang yang sama lagi. Dan harus dimaafkan? Jawaban Yesus semakin “berat’, “Sampai tujuh puluh kali tujuh kali’. Ampuuuunnn.

Bahkan, Yesus memberi contoh: orang yang berutang sepuluh ribu talenta pun dibebaskan. Kalau satu talenta itu ada enam ribu dinar, dan satu dinar itu sama dengan upah satu hari (kerja biasa), hitung saja utang dia berapa rupiah? Lalu, mengapa setelah utang yang sangat besar itu dihapuskan, ia masih bisa dan tega mencekik saudaranya yang “hanya” berutang seratus dinar? Perumpamaan ini jelas menohok kita. Begitu besar kemurahan hati Bapa. Bisa juga dibaca dan direnungkan “Perumpamaan Anak yang Hilang” dalam injil Lukas 15:1-32.

Hari ini, dalam keheningan, kita bisa bertanya pada diri sendiri: bagaimana sikap pengampunanku pada orang-orang yang bersalah padaku? Apakah aku mudah memberi ampun? Kepada orang-orang se-rumah, se-komunitas, satu kantor, satu lingkungan; bahkan satu paroki, murah hatikah aku untuk memberikan maaf yang tulus? Apa yang aku alami dan rasakan bila aku tidak mengampuni? Sebaliknya, karunia dan perasaan apa yang aku alami ketika aku dengan tulus mampu memberi pengampunan, memberikan maaf? Dengan rendah hati semua itu aku sadari, bukan karena kekuatanku sendiri aku memberi maaf. Tetapi karena rahmat Tuhan yang aku mohon yang memampukan aku untuk mengampun Bagaimana dengan Anda? Tuhan memberkati!


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (KAMIS, 11 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel