RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 20 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 20 JUNI 2022

PEKAN BIASA XII (HIJAU)

St. Silverius, Paus

BACAAN I: 2Raj. 17:5-8. 13-15a.18

MAZMUR: 60:3.4-5.12-13;

BACAAN INJIL: Matius. 7:1-5

 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?  Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.  Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

RENUNGAN

Peringatan Yesus kepada para murid bahwa mereka akan diadili dengan ukuran yang mereka pakai untuk mengadili, menunjukkan bahwa keprihatinan hidup ini harusnya dimulai bukan terutama dengan mengubah orang lain, melainkan dengan mengubah diri sendiri. Mengadili orang lain memang gampang, tetapi yang penting adalah menilai diri sendiri. Warta injil hari ini menyadarkan kita semua agar melihat diri sendiri lebih daliulu baru kemudian memperbaiki kehidupan sesama. Pembaruan bisa terjadi bila orang sungguh mau mengubah diri.

Yesus mengajak kita untuk tidak cepat-cepat menuduh orang lain, untuk tidak cepat-cepat menyalahkan orang lain, untuk tidak cepat menghakimi orang lain; sebelum kita melihat ke dalam diri kita sendiri. la menuntut kita untuk terlebih dahulu merenung apa yang kita lakukan dan ucapakan, sebelum kita menuduh atau menyalahkan orang lain. Yesus berkata, “Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dan matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dan mata saudaramu.”

Ya Tuhan, Engkau mengenal kami. Berilah kami keberanian untuk melihat balok di mata kami sendiri daripada melihat selumbar di mata orang lain. Anugerahkanlah kami kebijaksanaan dalam hidup sebagai persekutuan jemaat Putra-Mu. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 20 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel