RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 8 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 8 JUNI 2022

PEKAN BIASA X (HIJAU)

St. William

BACAAN I: 1Raja. 18:20-39

MAZMUR: 16:1-2a.4.5.8.11;

BACAAN INJIL: Injil Matius 5:17-19

"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

RENUNGAN:

Dalam pewartaan tentang Kerajaan Allah, Yesus tidak mau mengubah peraturan yang ada. Yesus mau mengembalikan hukum dan peraturan itu pada dasar yang benar. Istilah yang digunakan penginjil ialah ‘menggenapi’. Penggenapan itu terjadi bila orang tidak hanya memperhatikan rumusan hukum dan peraturan itu, tetapi juga memperhatikan spiritnya. Dan inilah yang pantas diperhitungkan dalam pelaksanaan hukum, sehingga hukum tidak menjadi patokan mati, tetapi sungguh membantu bagi pengembangan hidup. Bagaimanakah semangat dan sikap kita terhadap peraturan lalu untas, kesepakatan dalam rumah tangga, dll?

Tertib hukum yang dipaparkan Penginjil Matius ini tentu tidak dimaksudkan agar murid berada dalam wilayah yang aman dalam usaha memahami dan mendalami nilai kehidupan. Cinta Allah tetap Iebih besar daripada tertib hukum. Tertib hukum sendiri tetap hams mencerminkan cinta Allah yang benar. Mari kita sebagai murid-murid Yesus di zaman ini menjalankan hukum Tuhan dan hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bijaksana. 

Ya Allah, jadikanlah kami orang yang menghargai hukum dan pera turan dalam hidup. Berilah kami pencerahan dalam setiap melaksanakan hukum dan peraturan agar sesuai semangat cinta kasih-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 8 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel