RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 29 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 29 JUNI 2022

PEKAN BIASA XIII

HR ST. PETRUS DAN ST PAULUS RASUL (MERAH)

BACAAN I: Kis. 12:1-11

MAZMUR: 34:2-3.4-5.6-7.8-9;

BACAAN II: 2Tim. 4:6-8.17-18

BACAAN INJIL: Injil Matius 16:13-19

Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

RENUNGAN:

“Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” 

Tugas kepemimpinan St. Petrus dilanjutkan oleh Paus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik. Pada Hari Raya St. Petrus dan St. Paulus hari ini, Gereja hendak mempertegas pengakuan iman yang sama dengan Petrus. Yesus menjamin bahwa kuasa kegelapan tidak dapat menang dan menaklukkan Gereja-Nya. Demikian halnya dengan Paulus, dengan pengakuannya terhadap Yesus sebagai Tuhan ketika dia memperoleh pengalaman “ditegur” Yesus dalam perjalanan ke Damsyik, dia menjadi dasar yang kokoh melengkapi pengakuan Petrus terhadap Yesus, Sang Mesias, Anak Allah yang hidup. Mari kita meneladan semangat dan keteguhan iman dua tokoh besar ini.

Ya Tuhan, kami bersyukur atas kesaksian iman hamba-Mu, Petrus dan Paulus. Semoga teladan iman mereka sungguh dapat menguatkan dan meneguhkan iman kami akan Putra-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 29 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel