RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 5 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 5 JUNI 2022 

HARI RAYA PENTAKOSTA (MERAH)

BACAAN I: Kis. 2:1-11

MAZMUR : 104:1ab.24ac.29c-30.31.34;

BACAAN II: Rm. 8:8-17

BACAAN INJIL: Yohanes 14:15-16.23b-26

Pada perjamuan malam terakhir Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya. Jika seorang mengasihi Aku Bapa-Ku akan mengasihi Dia, dan Kami akan datang kepadanya, dan diam bersama-sama dengan dia. Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. Semuanya ini Kukatakan kepadamu selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”    

RENUNGAN

Hari ini, Gereja merayakan Roh Kudus turun atas para rasul. Dalam suasana takut, cemas, putus asa, Roh Kudus hadir memberi semangat dan keberanian baru kepada para rasul untuk lebih percaya diri mewartakan Tuhan yang telah bangkit. Berbicara tentang pencurahan Roh Kudus, ketika kita dibaptis, kepada kita telah dipenuhi oleh Roh Kudus. Pencurahan Roh Kudus membantu kita dalam bersaksi, dalam perjuangan hidup dan dalam ziarah kita menuju Bapa di surga.

Dengan merayakan Pentakosta, setiap kita yang sudah dibaptis diharapkan menyadari pencurahan Roh Kudus yang telah ada dalam diri kita, dan mulai berani untuk bersaksi tentang Tuhan dan kebaikan-Nya dalam kehidupan kita. Dalam diri kita yang telah ‘dipersenjatai’ dengan Roh Kudus, mulailah berkata dan bertindak tentang kebaikan, kebenaran, keadilan, karena Roh kudus senantiasa membantu kita menyatakan semuanya. Pada akhirnya, untuk meneguhkan kehadiran Roh Kudus dalam diri dan hidup kita, kita diminta dan diarahkan untuk hidup menurut kehendak Roh dan bukan menurut keinginan daging.

Ya Tuhan. curahkanlah Roh Kudus-Mu dalam diri kami, sehingga segala sesuatu yang kami ucapkan dan kerjakan sesuai kehendak-Mu. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 5 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel