RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 30 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 30 JUNI 2022

PEKAN BIASA XIII (Hijau) 

St. Bertrandus; St. Theobaldus

BACAAN I: Am. 7:10-17

MAZMUR: 19:8.9.10.11;

BACAAN INJIL: Injil Matius 9:1-8

Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri. Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni." Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: "Ia menghujat Allah." Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: "Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah? Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa"  —  lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu  — : "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" Dan orang itupun bangun lalu pulang. Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.

RENUNGAN

Penyembuhan orang lumpuh oleh Yesus menunjukan kuat kuasa Yesus terhadap kelumpuhan. Kelumpuhan bisa terjadi karena penyakit tubuh, tetapi lebih mengerikan lagi kalau yang lumpuh itu adalah semangat dan jiwanya. Yesus memanfaatkan kesempatan penyembuhan ini untuk menegaskan hal yang lebih mendasar, yakni karunia pengampunan yang membuat orang berdosa menjadi ciptaan baru. Kelumpuhan dapat menjadi tanda orang yang dikuasai dosa. Dan, pengampunan Yesus tampak dalam pembebasan orang dan kuasa itu. Maka, dosa diampuni dan orang menjadi ciptaan baru yang bisa berkembang dalam kemerdekaan dan rahmat Allah.

Kuasa itulah yang diwariskan Yesus kepada Gereja. Gereja terus mempraktikkannya dalam kehidupan bersama. Pengampunan ini sungguh berasal dan Allah. Karena berasal dan Allah, maka pengampunan itu sungguh-sungguh membebaskan kita dari kelumpuhan karena dosa. Apakah kita mau menerima tawaran pengampunan dan Allah? Apakah kita bersedia membawa semakin banyak orang kepada Allah untuk mendapat rahmat pengampunan itu? Apakah kita mau menjadi saluran rahmat pengampunan bagi sesama?

Ya Tuhan, Engkau mengampuni dosa-dosa kami. Semoga kami pun mampu mengampuni yang bersalah kepada kami. Jangan biarkan, kami larut dalam kubang dosa dan dendam. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 30 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel