RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 23 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 23 JUNI 2022

PEKAN BIASA XII 

HR KELAHIRAN ST. YOHANES PEMBAPTIS (PUTIH)

BACAAN I: Yes. 49:1-6

MAZMUR: 139:1-3.13:14ab.14c-15;

BACAAN II: Kis. 13:22-26

BACAAN INJIL: Injil Lukas 1:57-66.80

Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan iapun melahirkan seorang anak laki-laki. Ketika tetangga-tetangganya serta sanak saudaranya mendengar, bahwa Tuhan telah menunjukkan rahmat-Nya yang begitu besar kepadanya, bersukacitalah mereka bersama-sama dengan dia. Maka datanglah mereka pada hari yang kedelapan untuk menyunatkan anak itu dan mereka hendak menamai dia Zakharia menurut nama bapanya, tetapi ibunya berkata: "Jangan, ia harus dinamai Yohanes." Kata mereka kepadanya: "Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama demikian." Lalu mereka memberi isyarat kepada bapanya untuk bertanya nama apa yang hendak diberikannya kepada anaknya itu. Ia meminta batu tulis, lalu menuliskan kata-kata ini: "Namanya adalah Yohanes." Dan merekapun heran semuanya. Dan seketika itu juga terbukalah mulutnya dan terlepaslah lidahnya, lalu ia berkata-kata dan memuji Allah. Maka ketakutanlah semua orang yang tinggal di sekitarnya, dan segala peristiwa itu menjadi buah tutur di seluruh pegunungan Yudea. Adapun anak itu bertambah besar dan makin kuat rohnya. Dan ia tinggal di padang gurun sampai kepada hari ia harus menampakkan diri kepada Israel.

RENUNGAN

Hari ini, Gereja merayakan Hari Kelarahiran Yohanes Pembaptis. Kelahiran sosok yang bakal membuka jalan pertobatan untuk menyambut Kristus itu amat isamewa. Elisabet, ibunya, mengandungnya ketika sudah berusia tua. Selain itu, ketika Maria mengunjungi rumahnya, Yohanes yang masih dalam kandungan melonjak kegirangan. Tidak berhenti di situ. Ketika ia telah dinamai dengan nama Yohanes menurut penuturan ibunya. “seketika itu juga terbukalah mulut dan terlepaslah lidah Zakaria, ayahnya, lalu berkata kata dan memuji Allah.”

Dalam peristiwa kelahiran Yohanes, kita melihat pekerjaan besar Allah sungguh nyata. Allah menunjukkan kepada dunia pekerjaan-pekerjaan yang ajaib, yang melampaui nalar manusia. Ia memakai Yohanes untuk menyiapkan jalan keselamatan yang selalui Allah tawarkan. Dari pihak Yohanes, kita belajar bersukacita menyambut Tuhan yang datang dan hadir menyertai kita. Ketika dalam kandungan ibunya, ia melonjak kegirangan. Tentu bukan karena sosok Maria saja, melainkan sosok dalam kandungannya, yakni Yesus Kristus. Mari kita bersukacita kendati ada penderitaan dan kesusahan, karena Tuhan selalu datang mengunjungi dan menyertai kita.

Ya Tuhan, tumbuhkanlah iman, harapan, dan kasih kami kepada-Mu. Semoga kami selalu bersukacita dalam iman akan Engkau, Allah yang hidup dan setia. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 23 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel