RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 17 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 17 JUNI 2022

PEKAN BIASA XI (HIJAU)

St. Gregorius Barbarigo

BACAAN I: 2Raj. 11:1-4.9-18.20 

MAZMUR: 132:11.12.13-14.17-18;

BACAAN INJIL: Matius 6:19-23

"Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

RENUNGAN:

Perhatian murid-murid Yesus diharapkan tidak tertuju pada kekayaan, tetapi pada kasih Yesus Kristus sendiri. Bahwasannya, manusia biasanya tersilau oleh harta. Maka, sebagai murid Yesus perlu terus mawas diri terhadap kemilau harta. Panggilan sebagai murid Yesus tidak untuk mengumpulkan kekayaan yang bisa binasa, tetapi untuk kekayaan yang bisa bertahan sampa hidup abadi, yakni iman akan Yesus yang menderita, wafat, dan bangkit.

Dalam hidup ini, tentu saja orang perlu mencari dan menemukan kekayaan. Ini wajar! Akan tetapi, tidak sampai kita menjadi budak atas kekayaan itu. Harta kekayaan duniawi mesti diarahkan atau digunakan untuk sepenuhnya kebaikan kita. Tuhan sendiri mengatakan bahwa mengumpulkan kekayaan duniawi akan termakan ngengat dan karat. Karena itu, kita mesti giat mencari dan mengusahakan kekayaan surgawi, yaitu cinta kasih, pengampunan, solidaritas, kejujuran, dan lain-lain.

Ya Tuhan, semoga kemilau harta tidak menggoyahkan semangat kami untuk menjadi saksi kasih-Mu di tengah dunia.Tuntunlah kami kejalan-Mu. Jangan biarkankan kami serong ke jalan yang sesat dan menyesatkan. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 17 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel