RENUNGAN HARIAN (SELASA, 31 MEI 2022)



RENUNGAN HARIAN

SELASA, 31 MEI 2022

PEKAN PASKAH VII 

PESTA SP MARIA MENGUNJUNGI ELISABET (PUTIH)

BACAAN I: Zef. 3:14-18a

MAZMUR: Yes. 12:2-3.4bcd.5-6;

BACAAN INJIL: Lukas 1:39-56

DOA PAGI:

Allah Bapa Mahakudus, Engkau telah mengilhami Santa Perawan Maria yang sedang mengandung Putra-Mu untuk mengunjungi Elisabet. Semoga kami pun mengikuti bisikan Roh Kudus dan bersama Maria selalu memuliakan Dikau. Amin

RENUNGAN:

Di antara kita sebagai umat beriman atau sebagai sahabat, terdapat kebiasaan untuk saling berkunjung ke kediaman masing-masing. Terdapat momen tertentu, juga berbagai motivasi atau tujuan tertentu pula ketika kita mengujungi saudara, sahabat atau kerabat keluarga kita. Jadi ada kunjungan yang momennya istimewa dan biasa-biasa saja.

Hari ini Gereja Semesta merayakan Pesta Santa Perawan Maria mengunjungi Santa Elisabet. Pada saat Maria mengunjungi Elisabet di rumahnya di kota Yehuda, Maria disambut dengan semangat sukacita: “Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu” (Luk. 1:41c, 42). Elisabet dalam keadaan dikuasai oleh Roh Kudus menyampaikan “salam” bahwa “Maria diberkati” oleh Allah. Maria diberkati sebagai wanita pilihan Allah di antara para wanita pada zamannya dan Allah memberkati buah rahim Maria yakni anak yang sedang dikandungnya. Berdasarkan teks tersebut, Maria mendapat berkat ganda dan Allah, berkat pertama menunjuk pada disposisi Maria sebagai seorang wanita saleh, suci, kudus di antara para wanita dan berkat kedua menunjuk pada status anak yang sedang dikandung Maria yakni berkenan kepada Allah. Selain itu, menunjukkan bahwa Allah melindungi janin yang sedang dikandung Maria. Dalam konteksnya, keselamatan anak yang sedang dikandung Maria dijamin oleh berkat Allah. Tampaknya Maria sungguh sadat akan peristiwa ini, sehingga Maria melambungkan Kidung Pujian kepada Allah. Sebagaimana dalam nubuat nabi Zefanya bahwa anak yang dikandung Maria akan membawa sukacita, damai dan sejahtera bagi umat manusia, (Zef. 1:14-18).

Santa Elisabet dan Bunda Maria adalah model dua wanita kudus yang dapat menjadi contoh bagi penghayatan iman umat Kristiani, bahwa mereka yang selalu berada dekat dengan Allah akan memperoleh kelimpahan berkat. St. Elisabet dan Bunda Maria adalah pribadi yang lebih praktis tetapi berbobot dalam mengamini kehendak Allah: “non verbo sed vitam exemplo” artinya “bukan dengan kata-kata tetapi dengan teladan dalam hidup”. Marilah kita mohon rahmat kepada Tuhan agar supaya kita dimampukan menghayati kekudusan-Nya dalam hidup hari demi hari.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SELASA, 31 MEI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel