RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 15 MEI 2022 )


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 15 MEI 2022 

PEKAN PASKAH V (PUTIH)

BACAAN I: Kis. 14:21b-27

MAZMUR : 145:8-9.10-11.12-13ab

BACAAN II: Why. 21:1-5a

BACAAN INJIL: Yohanes 13:31-33a.34-35

Dalam perjamuan malam terakhir, sesudah Yudas meninggalkan ruang perjamuan, berkatalah Yesus kepada para murid yang lain, “Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia. Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia, Allah akan mempermuliakan Dia juga di dalam diri-Nya, dan akan mempermuliakan Dia dengan segera. Hai anak-anak-Ku, tinggal sesaat lagi Aku ada bersama kamu. Aku memberikan perintah baru kepadamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi: sama seperti Aku telah mengasihi kamu, demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.”

RENUNGAN:

Paulus dan Barnabas tak henti-hentinya “menceritakan” karya agung Tuhan yang mereka saksikan untuk keselamatan bangsa-bangsa lain (bukan Yahudi, bdk. Kis. 14:27). Begitu juga penulis Kitab Wahyu begitu bergembira menyaksikan bumi yang baru, di mana Allah sungguh berdiam di tengah umat-Nya: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan ia akan diam bersama-sama dengan mereka” (Why. 21 :3a).

Injil menegaskan kembali komitmen bahwa Allah akan senantiasa bersama umat-Nya. Syaratnya ialah bahwa mereka saling mengasihi, sama seperti Allah yang telah lebih dahulu mengasihi mereka. Ada pepatah Latin kuno yang mengatakan bahwa “Ubi caritas, Deus ibi est” (di mana ada kasih, di situ Allah hadir). “Perkemahan Allah” berada dalam kasih kita akan sesama. Sungguh kebohongan besarlah pewartaan kita itu bila cerita tentang-Nya membuat Allah enggan ber-kemah dalam kehidupan bersama kita. Buah pewartaan kita mesti tampak dalam keharmonisan hidup.

Tuhan, jadikanlah kami “kemah kediaman-Mu” yang berisi kasih dan sukacita dimana kami menjadi saudara bagi yang lain. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 15 MEI 2022 )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel