RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 17 APRIL 2022 )



RENUNGAN HARIAN

MINGGU, 17 APRIL 2022 

HARI RAYA PASKAH (PUTIH)

St. Ansetus; Sta. Klara

BACAAN I: Kis. 10:34a.37-43

MAZMUR : 118:1-2.16ab-17.22-23;

BACAAN II: 1Kor. 5:6b-8

BACAAN INJIL: Yohanes 20:1-9

Dalam sebuah buku tertulis “Surga itu nggak penting. Fokuskan dirimu pada Tuhan” Terbersit dalam pemikiran saya kalimat singkat ini benar adanya. Kalau ditanya: berani nggak saya katakan bahwa surga itu tidaklah penting? Saya sendiri berani menjawab emang surge nggak penting. Idealnya, hidup manusia di dunia ini adalah fokus kepada Tuhan. Tetapi realitanya kebanyakan manusia zaman ini hanya kepincut pada surganya saja. Akhirnya, mereka tidak fokus pada Tuhan. Lihat pengalaman di hari Paskah yang dialami oleh Maria dan Magdala, Yohana, dan Maria ibu Yakobus (bdk. Luk. 24: 10). Mereka mencari Tuhan yang sudah wafat dan dimakamkan. Mereka hendak berziarah ke makam. Orientasi hidup mereka jelas yakni Tuhan Yesus.

Mereka mengalami rintangan: bagaimana menggulingkan batu penutup kubur yang besar, kalau ada penjaga kubur mereka harus minta izin dan lain sebagainya. Meskipun terlihat sulit tetapi mereka tetap maju pantang menyerah sama sekali. Apa yang mereka temukan: kubur kosong! Mereka sempat kecewa, namun, kekecewaan mereka dibalas berkat oleh Tuhan Yesus. Buah dan kesetiaan dan ketekunan mereka mencari Tuhan yakni berjumpa dengan malaikat utusan Tuhan. Mereka tidak dicuekkan Tuhan Yesus. Yesus tetap mengutus malaikat menjumpai mereka. Yesus tahu inilah orang-orang yang fokus hidupnya pada Tuhan.

Bayangkan kalau fokus hidup mereka pada surga. Ketika Yesus wafat, sudah pasti mereka pada lari seperti orang-orang tanpa iman. Saudaraku, kalau kita mencari surga, belum tentu mendapatkan Tuhan. Tapi, kalau kita mencari Tuhan, otomatis kita mendapatkan surga seperti perempuan-perempuan yang dikisahkan dalam Injil hari ini. Oleh karena itu, peristiwa kebangkitan Tuhan di Hari Raya Paskah sesungguhnya merupakan ajakan bagi kita agar terus memfokuskan hidup untuk mencari Tuhan dalam keseharian hidup.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 17 APRIL 2022 )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel