RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 5 APRIL 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 5 APRIL 2022

PEKAN PRAPASKAH V (UNGU)

St. Vinsensius Ferreri

BACAAN I: Bil. 21:4-9

MAZMUR: 102:2-3.16-18.19-20;

BACAAN INJIL: Yohanes 8:21-30

DOA PAGI:

Allah Bapa Mahaluhur, Engkau tidak pernah meninggalkan kami sendirian. Ajarilah kami meyakini bahwa salib tanda kehinaan itulah tempat kebahagiaan kami. Dengan Pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, yang Hidup dan Berkuasa, Allah Sepanjang segala masa. Amin

RENUNGAN:

Dua bacaan kita hari ini menggunakan kata ‘meninggikan Salah satu makna meninggikan adalah menempatkan sesuatu atau seseorang pada posisi yang lebih tinggi dari sebelumnya atau lebih tinggi dan yang lainnya. Dengan kata lain, ada nuansa memberi penghormatan atau penghargaan pada tindakan ‘meninggikan’ ini. Penghormatan dan penghargaan ini terjadi karena sesuatu atau seseorang itu memang pantas mendapatkannya atau memang sejatinya di situlah posisinya.

Dalam hidup sehari-hari kita berhadapan dengan aneka macam hal. Menghadapi itu, kita tentu berusaha secermat mungkin untuk menempatkan setiap hal itu pas pada posisinya. Dengan kata lain, kita berusaha untuk menyusun skala prioritas. Tujuannya adalah supaya semua terlaksana selaras dengan arah yang benar. Kedua bacaan hari ini secara khusus memberi ajakan bagi kita untuk memprioritaskan hal-hal yang berhubungan dengan Allah pada arah atau posisi yang lebih tinggi dibandingkan hal yang lain. Alasannya, supaya manusia tetap hidup sebagaimana disebutkan dalam kitab Bilangan. Dalam hal ini, tetap hidup adalah suatu kondisi di mana manusia dapat hidup secara layak sesuai kehendak Allah.

Setiap manusia berharap dapat tetap hidup. Untuk itulah, setiap manusia yang terus berharap dapat tetap hidup harus memberi tempat atau prioritas yang lebih tinggi pada mereka dengan Allah. Secara konkret, manusia harus memberikan prioritas pada relasi diri mereka dengan Allah dengan menyediakan waktu yang proporsional untuk berdoa, merayakan sakramen secara pantas, atau melakukan tindakan-tindakan solidaritas yang menempatkan kemanusiaan di atas segalanya.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 5 APRIL 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel