RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 11 MARET 2022)

RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 11 MARET 2022)


RENUNGAN HARIAN

JUMAT, 11 MARET 2022

PEKAN PRAPASKAH I (UNGU)

St. Eulogius dan Leokrota,

BACAAN I: Yeh. 18:21-28

MAZMUR: 130:1-2.3-4ab.4c-6.7-8;

BACAAN INJIL: Matius 5:20-26

DOA PAGI:

Allah Bapa Sumber Hidup kami, Engkau memanggil kami untuk berbalik kepada-Mu. Tuntunlah kami untuk bertobat dan melakukan keadadilan serta kebenaran agar kami memperoleh anugerah kehidupan sejati. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, yang Hidup dan Berkuasa, Allah sepanjang segala masa. Amin

RENUNGAN:

Di mana ada dua orang atau lebih, di situ mudah ada gosip. Semakin digosok semakin sip. Artinya, kalau yang kita ceritakan tidak wahhh, hebat, mencengangkan, tidak akan laku dan tidak akan didengarkan. Maka biasanya gosip itu mengatakan sesuatu kejelekan yang dibesar-besarkan. Hiperbola ini yang membuat menarik. Kemudian gosip merembet ke mana-mana.

Sabda Yesus hari ini “Jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu” (Mat. 5:23-24).

Kalau ingat sabda Yesus ini, apa dengan ngegosip, ngrasani (membicarakan orang lain di belakang), kita masih berani maju membawa persembahan? Atau, kita maju membawa persembahan untuk “nyogok” (menyuap) Tuhan agar permohonan kita dikabulkan? Agar ujub kita didengarkan dan diterima? Agar kita diberi kesehatan? Agar mendapat pekerjaan dan kedudukan yang tinggi? Seandainya perilaku dan hidup kita masih ngegosip sana-sini, malah bahaya bila Tuhan mengabulkan permohonan kita. Menjadi pemimpin hanya akan “menduduki” jabatan; lupa melayani karena enak dan empuk kursi dan pangkat itu. 

Jadi, apa yang akan aku perbuat? Memperbaiki hidupku dahulu dengan sesama dan di hadapan Tuhan! Setelah itu Anda akan heran sendiri bila mendapatkan pengalaman yang indah dan membahagiakan. Pengalaman hidup yang membuat diri kita dekat dengan Tuhan, diterima oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Rasanya kita menjalankan sabda Yesus ini, “Carilah dahulu Kerajaan Allah, dan lainnya akan ditambahkan.” Selamat merenung. Tuhan memberkati.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 11 MARET 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel