RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 2 MARET 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 2 MARET 2022

RABU ABU (UNGU)

Puasa dan Pantang

St. Simplisius, Paus

BACAAN I: Yl. 2:12-18

MAZMUR: 51:3-4.5-6a.12-13.14.17;

BACAAN II: 2Kor. 5:20-6:2

BACAAN INJIL: Injil Matius 6:1-6.16-18

Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

RENUNGAN:

Rabu Abu adalah awal masa Prapaskah (masa puasa) yang merupakan masa pertobatan untuk meninggalkan keterlekatan duniawi, kebiasaan dosa dan berbalik kepada Tuhan (Yl. 2:12-18). Penandaan dengan abu di dahi merupakan ungkapan pertobatan. Abu juga adalah simbol kematian. Maka, abu mengingatkan kita akan kerapuhan kita sebagai makhluk ciptaan Allah yang terbuat dan debu: “Ingatlah, manusia, bahwa engkau terbuat dari debu dan kembali menjadi debu” (Kej. 3:19). 

Tiga hal utama yang perlu kita lakukan sebagai bentuk ulah tapa kita ialah berpuasa atau berpantang, berdoa, dan bersedekah. Berpuasa atau berpantang membantu kita menguasai nafsu makan dan nafsu-nafsu lainnya, sehingga kita menjadi lebih bebas melakukan kehendak Allah. Berdoa membantu kita dekat dengan Allah dan mengenali kehendak-Nya. Beramal merupakan ungkapan pertobatan melawan kecenderungan memiliki secara berlebihan dan sarana membantu sesama yang membutuhkan. Ketiga ulah tapa ini merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Ya Allah Yang Maharahim, limpahkan berkat-Mu atas kami pada awal masa tobat ini agar ungkapan pertobatan dapat kami lakukan dengan sungguh-sungguh. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 2 MARET 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel