RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 3 FEBRUARI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 3 FEBRUARI 2022

PEKAN BIASA IV (HIJAU)

St. Blasius, UskMrt; St. Ansgarius

BACAAN I: 1Raj. 2:1-4.10-12

MAZMUR: 1Taw. 29:10.11ab.11d-12a.12bcd;

BACAAN INJIL: Injil Markus 6:7-13

Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan, boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju. Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: "Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu. Dan kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai peringatan bagi mereka." Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

RENUNGAN:

Dalam bacaan pertama, kita mendengar Daud memberi wejangan kepada Salomo, anaknya, sebagai penerus kerajaan. Kemudian, dalam bacaan Injil, kita juga mendengar Yesus memberi wejangan kepada para para murid yang la utus berdua-dua untuk melakukan pelayanan.

Pada dasarnya, wejangan itu bersifat etis, yakni terarah pada sesuatu yang baik dan positif. Kita pun sering kali menerima wejangan, entah dan orang tua, dan guru, dan mereka yang dituakan, ataupun dari Gereja dan institusi lain. Bagaimana kita mendengarkan, menghayati, dan menghidupi wejangan-wejangan yang kita dengar? Salomo setia pada wejangan ayahnya, sehingga kerajaannya semakin kokoh. Para murid Yesus pun berusaha melaksanakan tugas perutusan mereka dengan sebaik-baiknya, sehingga banyak orang bertobat, terbebas dari setan, dan sembuh dari penyakit. 

Bagaimana dengan kita? Apakah kita juga setia mengikuti wejangan orang tua kita? Apakah kita tekun mengikuti ajaran iman yang kita terima dari Gereja? Apakah aktivitas kita selaras dengan identitas kita sebagai murid Kristus di zaman ini?

Ya Tuhan, semoga kami tekun mendengarkan sabda-Mu dan setia melaksanakan tugas yang Engkau percayakan kepada kami masing-masing. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 3 FEBRUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel