RENUNGAN ROHANI KATOLIK (SENIN, 31 JANUARI 2022)



RENUNGAN ROHANI KATOLIK

SENIN, 31 JANUARI 2022

PW. St. Yohanes Bosko (Putih)

BACAAN I: 2Sam. 3:2-3.4-5.6-7;

BACAAN INJIL: Markus 5:1-20

DOA PAGI:

Allah Bapa Maharahim, semoga kami Kaukasihani dan semoga Roh-Mu membuka hati kami, agar kami dapat mengimani Engkau dan Utusan-Mu yang mendatangi kami, ialah Yesus Kristus Putra-Mu. Sebab, Dialah Hidup dan Berkuasa, Bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah sepanjang masa. Amin

RENUNGAN:

Orang muda adalah masa depan Gereja. Mereka sang pemilik zaman, karena dengan mereka-lah Gereja menjadi hidup. St. Yohanes Bosko, seorang imam yang hari ini kita peringati, mengimani bahwa orang muda merupakan generasi penerus dalam Gereja. Maka, ia mendekati secara persuasif dalam mewartakan kabar gembira kepada orang muda. Ia peduli kepada mereka dan mengerahkan segenap tenaga, hati, waktu dan pikiran untuk melayani mereka sebab ia mempunyai keyakinan bahwa orang-orang muda ikut menentukan jalannya sejarah keselamatan di dalam Gereja semesta. Kepeduliannya kepada mereka menjadikan Yohanes Bosko disebut sebagai “rasul” orang-orang muda.

Orang-orang muda, bagi Yohanes Bosko, juga perlu ikut ambil bagian dalam mewartakan kabar gembira. Tidak harus selalu menjadi seorang imam, bruder atau suster, tetapi sebagai awam yang ikut aktif dalam pewartaan keselamatan. Seperti dalam bacaan Injil yang menceritakan bahwa Yesus meminta orang yang baru saja disembuhkan dan roh jahat untuk tidak mengikuti-Nya, melainkan untuk mewartakan apa yang dikerjakan Yesus. Hal ini hendak menekankan bahwa menjadi pengikut Yesus tidak harus menjadi seorang religius, tetapi juga bisa menjadi awam yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pewartaan. Dengan demikian, orang-orang muda senantiasa dipanggil dalam mengikuti Tuhan dengan segala bentuk dan caranya untuk ikut terlibat dalam kehidupan menggereja. Paus Fransiskus pun menegaskan dalam surat apostoliknya, Christus Vivit, “Kristus Hidup”, artikel 299 dengan mengatakan bahwa Gereja membutuhkan daya dorong, intuisi-intuisi, iman orang-orang muda.


0 Response to "RENUNGAN ROHANI KATOLIK (SENIN, 31 JANUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel