RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 20 JANUARI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 20 JANUARI 2022

PEKAN BIASA II (HIJAU)

St. Fabiaus, Paus Mrt; St. Sebastian

BACAAN I: 1Sam. 18:6-9; 19:1-7

MAZMUR: 56:2-3.9-10.10b-11.12-13;

BACAAN INJIL: Injil Markus 3:7-12

Kemudian Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir ke danau, dan banyak orang dari Galilea mengikuti-Nya. Juga dari Yudea, dari Yerusalem, dari Idumea, dari seberang Yordan, dan dari daerah Tirus dan Sidon datang banyak orang kepada-Nya, sesudah mereka mendengar segala yang dilakukan-Nya. Ia menyuruh murid-murid-Nya menyediakan sebuah perahu bagi-Nya karena orang banyak itu, supaya mereka jangan sampai menghimpit-Nya. Sebab Ia menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepada-Nya hendak menjamah-Nya. Bilamana roh-roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapan-Nya dan berteriak: "Engkaulah Anak Allah." Tetapi Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia.

RENUNGAN:

Keberhasilan seseorang yang menjadi buah dan perjuangannya dan sumber kebahagiaannya justru sering menjadi sumber iri hati bagi orang lain. Dalam bacaan pertama, Saul iri hati dengan Daud yang dipuji karena kemenangannya atas Goliath. Raja Saul berikhtiar membunuh Daud, namun dibatalkan berkat bantuan Yonatan, putranya. Iri hati adalah penyakit hati manusia yang memutuskan dirinya dari kebahagiaan dan dari sesama. Iri hati adalah karya roh jahat. Roh jahat itu bisa menguasai hati, jiwa, dan roh manusia dengan buah-buah jahat antara lain iri hati. Roh jahat itu bisa juga menguasai badan manusia.

Karena itu, dalam bacaan Injil hari ini, Yesus mengusir roh jahat dan menyembuhkan secara fisik orang yang dicengkramnya. Yesus sukses menyembuhkan banyak orang sakit dan membuat tersungkur roh jahat. Kesuksesan Yesus adalah undangan untuk mendekati-Nya, bergaul dengan-Nya, dan menjadi murid-Nya. Dengan itu, kita belajar untuk menjadi besar dengan bercermin pada kebesaran orang lain dan kebesaran Tuhan sendiri.

Ya Tuhan, ajarlah kami untuk ikut bersyukur atas kesuksesan orang lain, dan bukannya iri hati. Satukan kami dengan Yesus supaya kami tidak tersungkur di hadapan roh jahat. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 20 JANUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel