RENUNGAN PAGI (MINGGU, 19 DESEMBER 2021)



RENUNGAN PAGI

MINGGU, 19 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN IV (UNGU)

NOVENA NATAL HARI KE-4

BACAAN I: Mi 5:1-4a

MAZMUR : 80:2ac.3b.15-16.18-19;

BACAAN II: Ibr 10:5-10

BACAAN INJIL: Lukas 1:39-45

Di samping masa penantian, Adven menjadi kesempatan berbagi berkat. Kegiatan liturgi Masa Adven perlu dilengkapi dengan aktivitas yang bersifat sosial. Misalnya, berbagi rezeki dengan yang miskin dan berkekuranga menikmati sukacita bersama anak yatim piatu di panti asuhan atau kaum lansia di rumah jompo.

Setelah menerima kabar dan Malaikat Gabriel, Maria pergi ke pegunungan untuk mengunjungi Elisabet. Kandungan Elisabet sudah berusia Iebih dan enam bulan. Berarti akan segera melahirkan. Dia akan memerlukan bantuan. Untuk itu, Maria datang ke rumahnya. Ketika menantikan anak yang bakal berperan dalam karya keselamatan, mereka bertemu dan saling berbagi. Pertama, berbagi sukacita atas keterpilihan mereka. Kedua, berbagi berkat. Memang, berkat dimaksudkan untuk dibagi. Tidak ada satu pun berkat yang diterimakan hanya untuk satu orang. Orang yang sungguh terberkati adalah orang yang suka berbagi berkat.

Elisabet yang merasa mendapat berkat atas kunjungan Maria berseru, “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?” (Luk 1:42-43).

Maria dan Elisabet dipilih Tuhan menjadi saluran berkat bagi umat manusia. Elisabet melahirkan Yohanes Pembaptis, pembuka jalan bagi Sang Juruselamat dan penghubung antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Bunda Maria menjadi pribadi yang melahirkan Sang Juruselamat. Yohanes Pembaptis dan Yesus merupakan berkat terpenting bagi umat manusia. Karena itu, mereka juga mesti dilahirkan oleh manusia yang terbuka kepada Tuhan dan slap berbagi berkat. Sebuah kebijaksanaan Allah yang dipercayakan pada manusia biasa.

Setiap orang yang dibaptis disatukan dengan Tuhan Yesus supaya menjadi saluran berkat bagi dunia. Oleh sebab itu, di Masa Adven yang masih diwarnai pandemi ini kita diajak berbagi berkat, terutama dengan mereka yang sangat membutuhkan bantuan kita. [Rm. Albertus Herwanta, O.Carm]


0 Response to "RENUNGAN PAGI (MINGGU, 19 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel