RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 4 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 4 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN I (UNGU)

Sato Yohanes dari Damsyik

BACAAN I: Yes. 30:19-21.23-26

MAZMUR: 147:1-2.3-4.5-6;

BACAAN INJIL: Matius 9:35-10:1.6-8

Sekali peristiwa Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Yesus mengutus mereka dan berpesan, pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

RENUNGAN:

Dalam pergulatan hidup, sering kali kita merasa Tuhan itu jauh, tidak hadir atau bahkan orang merasa Tuhan meninggalkan kita. Mesias yang akan datang itu adalah tanda penyertaan Allah secara nyata di tengah kita. Oleh Dia, teriakan kita kepada Allah akan didengarkan. Allah akan menyertai dan selalu membimbing kita. Penyertaan Allah membuat segala yang kita lakukan menghasilkan buah yang berlimpah.

Gambaran Mesias ini terpenuhi dalam diri Yesus. Dia menyertai para murid dan tidak membiarkan mereka lelah dan terlantar. Yesus memulihkan kesehatan para murid dari sakit dan penyakit. Yesus adalah Gembala baik. Dialah imanuel, yang menyertai kita dengan belas kasih-Nya. Dalam masa penantian atau Adven ini, mari kita menyadari kerinduan dan impian kita akan penyertaan Allah. Mari kita juga meneguhkan keyakinan bahwa semua akan menjadi baik jika Allah menyertai kita.

Ya Allah, kobarkanlah kerinduan kami akan penyertaan-Mu dalam hidup dan murnikanlah hati kami dari kerinduan dan harapan pada pribadi atau kekuatan lain yang bukan berasal dan Engkau sendiri. Teguhkanlah iman kami bahwa penyertaan-Mu membuat semuanya indah dan baik! Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 4 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel