RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 25 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 25 DESEMBER 2021

HARI RAYA NATAL (PUTIH)

BACAAN I: Malam: Yes.91-6; Fajar: Yes. 62:11-12

MAZMUR: Malam: 96:1-2a.2b-3/11-12/13; Fajar: 97:1.6.11-12

BACAAN II: Malam: Tit.2:11-14; Fajar: Tit. 3:4-7

BACAAN INJIL : Malam: Luk. 2:1-14; Fajar: Luk. 2:15-20

Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita." Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

RENUNGAN:

Kelahiran Yesus di palungan di Betlehem menandai masuknya Sabda Allah ke dalam kehidupan manusia dengan segala carut marutnya, kecuali dalam hal dosa. Kemanusiaan kita disucikan, martabat kita ditinggikan oleh kehadiran-Nya. Dengan demikian, Yesus menjadi saudara bagi semua manusia, tak peduli suku, agama, ras dan alirannya. Maka, dalam Yesus, seluruh umat manusia adalah saudara satu sarna lain. Menjadi nyatalah kata-kata Santo Paulus, “Sudah nyatalah karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia” (Tit. 2:11).

Pengalaman akan kebersamaan sebagai saudara tampak ketika semua orang, termasuk Yusuf dan Maria, menaati perintah Kaisar untuk mendaftarkan diri masing-masing di kota asalnya (bdk. Luk. 2:3). Yesus dilahirkan dalam pengalaman kebersamaan ini. Inkarnasi menunjukkan solidaritas penuh dengan semua manusia. Maka, kita harus menjunjung tinggi dan menggalakkan persaudaraan yang telah ditunjukkan dengan kelahiran Yesus. Martabat sebagai manusia haruslah lebih diutamakan daripada perbedaan-perbedaan yang ada, baik itu dalam pandangan kita, perlakuan kita terhadap sesama, maupun dalam tindakan-tindakan kita. Selamat Natal!

Ya Yesus, kobarkanlah semangat kami untuk menggalakkan persaudaraan yang Kaurintis dengan kelahiran-Mu di Betlehem. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 25 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel