RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 11 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 11 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN II (UNGU)

St. Damasus I, Paus

BACAAN I: Sir. 48:1-4.9-11

MAZMUR: 80:1ac.3b15-16.18-19;

BACAAN INJIL: Matius 17:10-13

Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

RENUNGAN:

Elia adalah seorang nabi besar yang diutus Allah untuk menubuatkan kedatangan Penyelanmat, yaitu “meredakan kemurkaan sebelum meletus,” “mengembalikan hati Bapa kepada anaknya serta memulihkan segala Suku Yakub” (Yes. 48:10). Peran Elia iniIah yang diwujudkan oleh Yohanes Pembaptis. Baik Elia maupun Yohanes Pembaptis berhadapan dengan kekerasan hati umat yang menolak bertobat. Karena kebebalan hati orang zaman itu, bahkan kehadiran Yohanes Pembaptis saja tidak mereka kenali.

Kekerasaan hati manusia sering kali terjadi karena manusia sudah merasa nyaman dan terikat oleh kenikmatan-kenikmatan duniawi sehingga enggan meninggalkan zona nyaman itu. Kelekatan pada dosa bahkan bisa membutakan atau membuat tuli sehingga seruan-seruan pertobatan tidak didengar atau dianggap tidak ada. Musuh terbesar perlobatan ialah sikap apatis, yaitu sikap tidak peduli. Bisa saja, kelihatannya seseorang sedang menyimak mendengarkan, ternyata pikirannya melayang entah kemana. Akibatnya, semua seruan pertobatan tidak menimbulkan hasil. Pada masa Adven ini, marilah kita bertobat, yaitu dengan berani meninggalkan zona nyaman kita dan mengikuti perintah-perintah Allah agar kita dapat menyiapkan hati kita menjadi palungan bagi Tuhan Yesus.

Ya Allah, bukalah mata dan telinga kami agar dapat mendengarkan panggilan-Mu untuk bertobat sehingga kami sungguh-sungguh siap menyambut kehadiran Putra-Mu. Datanglah, ya Tuhan Yesus! Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 11 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel