RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 15 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 15 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN III (Ungu)

B. Bonaventura dari Pistola

BACAAN I: Yes. 45:6b-8.18.21b-25

MAZMUR: 85:9a-14;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 7:19-23

ia memanggil dua orang dari antaranya dan menyuruh mereka bertanya kepada Tuhan: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?" Ketika kedua orang itu sampai kepada Yesus, mereka berkata: "Yohanes Pembaptis menyuruh kami bertanya kepada-Mu: Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?" Pada saat itu Yesus menyembuhkan banyak orang dari segala penyakit dan penderitaan dan dari roh-roh jahat, dan Ia mengaruniakan penglihatan kepada banyak orang buta. Dan Yesus menjawab mereka: "Pergilah, dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar: Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik. Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku."

RENUNGAN:

Kita bisa mengenali Jati diri seseorang melalui karya-karyanya. Nabi Yesaya menegaskan bahwa Allah adalah Sang Pencipta, bukan hanya alam semesta tetapi Dialah juga yang memberikan kebahagiaan, keadilan, keselamatan. Dalam bacaan pertama yang singkat ini, tujuh kali dikatakan “Akulahah”. Hal ini menekankan keilahian Allah sebagai Pencipta alam semesta dan Penguasa sejarah manusia. Juga empat kali ditegaskan “Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain.” Dia-lah satu-satunya Pencipta dan Penguasa. Dan pekerjaan-Nya kita mengenali jati diri-Nya.

Dua murid Yohanes bertanya tentang jati diri Yesus. Jawaban yang diberikan bukanlah menunjuk pada unsur jati diri, tetapi menunjuk kepada pekerjaan yang telah dilakukan Yesus, yaitu “orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.” Semua pekerjaan itu adalah tanda Mesias yang akan datang. Kita diingatkan pada kata-kata Yesus: “Pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku” (Yoh. 10:25). Pada masa Adven ini kita diundang untuk percaya bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia, dan hanya kepada Dialah kita menyembah. Jati diri Yesus tampak jelas dan karya yang Dia lakukan. Ikatan dan ketergantungan pada kuasa-kuasa lain (sistem kerja, efisiensi, produktinitas, teknologi) haruslah diletakkan di bawah kuasa Allah.

Ya Bapa, Engkaulah satu-satunya Allah kami. Teguhkanlah iman kami untuk menyambut kedatangan Putra-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 15 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel