RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 5 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 5 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN II (UNGU)

St. Sabbas; St. Reinardus

BACAAN I: Bar. 5:1-9

MAZMUR : 126:1-2ab.2cd-3.4-5.6;

BACAAN II: Flp. 1:4-6.8-11

BACAAN INJIL: Lukas 3:1-6

Dalam tahun kelima belas pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi walinegeri Yudea, dan Herodes menjadi raja – wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, menjadi waja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias menjadi raja – wilayah Abilene; pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Agung, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun. Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan, Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis! Maka Allah akan mengampuni dosamu, seperti ada tertulis dalam nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Siapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya, Setiap lembah akan ditimbun, setiap gunung dan bukit akan menjadi rata. Yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan. Dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.”

RENUNGAN:

Situasi hidup kita di dunia bisa diibaratkan dengan situasi Israel yang berada dalam pembuangan. Kita merasakan beban hidup yang berat karena situasi ekonomi yang melemah, ancaman penyakit, dan kejahatan yang semakin melumpuhkan. Dalam situasi demikian, Nabi Barukh mengajak kita untuk tidak dilumpuhkan oleh kesedihan dan kesengsaraan, tetapi dengan penuh pengharapan melihat keselamatan yang datang dari Tuhan. Janji Tuhan pasti ditepati. Keselamatan itulah yang juga diruluk oleh Paulus bagi umat di Filipi sebagai “hari Kristus Yesus. Paulus mendorong agar mereka bertekun dalam melakukan karya baik, yang suci dan tak bercacat sampai pada hari Kristus itu.

Pada masa Adven ini, kita diundang untuk melihat karya penyelamatan Allah pada kedatangan yang kedua Kristus Yesus kelak pada akhir zaman. Kedatangan itu menuntut kita untuk menyambut-Nya dengan pertobatan seperti seruan Yohanes Pembaptis. Kita perlu menimbun kekurangan dan kerapuhan kita, yang sering kali menghambat dan merusak relasi kita dengan sesama. Gunung kesombungan kita berkaitan dengan harta, jabatan, gelar, perlu diratakan. Hati kita yang bengkok karena ketidakjujuran, ketidaksetiaan, ketidaktulusan, perlu diluruskan kembali.

Ya Allah, kobarkanlah semangat kami untuk mengubah diri kami dalam pertobatan sehingga kami dapat Iebih siap menyambut kedatangan Putra-Mu. Datanglah, ya Tuhan! Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 5 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel