RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 9 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 9 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN II (UNGU)  

St. Fransiskus Antonius; St. Petrus

BACAAN I: Yes. 41:13-20

MAZMUR: 145:1.9-13b;

BACAAN INJIL: Injil Matius 11:11-15 

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan  —  jika kamu mau menerimanya  —  ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

RENUNGAN:

Persoalan besar dan pelik bisa menciutkan nyali kita. Kita merasa kecil dan tidak sanggup mengatasinya. Ketika Allah menuntut kita bertobat, bisa jadi kita takut. Kita menyadari bahwa kita rapuh dan lemah. Namun, melalui Nabi Yesaya, Allah mengingaikan: Jangan takut. Akulah yang menolong engkau” (Yes. 41:13). Kebesaran Yakub (“si cacing”) dan kemegahan Israel (“si ulat”) bukanlah hasil kekuatan mereka sendiri, melainkan karena kuasa Allah. Allahlah yang menolong mereka. Demikian halnya kita. Dengan kuasa Allah, kita akan dimampukan untuk memecahkan masalah sebesar apa pun. Apa yang tampaknya tak mungkin terjadi di mata manusia, justru dengan mudah di mata Alllah.

Yesus menyebut Yohanes Pembaptis sebagai yang terbesar di antara anak yang pernah dilahirkan wanita (bdk. Mat. 11:11). Hal itu pantas diterima oleh Yohanes Pembaptis. Ia mencurahkan hidupnya untuk dan demi Kerajaan Allah. Ia menyerukan pertobatan dan menyiapkan jalan bagi Mesias. Kebesaran Yohanes Pembaptis bukan karena prestasinya sendiri, semata karena mengandalkan Allah. Sikap Yohanes Pembaptis inilah yang harus kita contoh sebagai bentuk pertobatan kita pada masa Adven ini.

Ya Tuhan jangan biarkan ketakutan dan keputusasaan menguasai kami, tetapi teguhkanlah iman kami untuk berani mengandalkan Engkau. Pakailah kami, Tuhan, seturut dan rencana-Mu! Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 9 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel