RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 10 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 10 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN II (Ungu) 

St. Miltiades; B. Marc Antonius

BACAAN I: Yes. 48:17-19

MAZMUR: 1:1-2.3.4.5.6;

BACAAN INJIL: Matius 11:16-19

Dengan apakah akan Kuumpamakan angkatan ini? Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan berseru kepada teman-temannya: Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung. Karena Yohanes datang, ia tidak makan, dan tidak minum, dan mereka berkata: Ia kerasukan setan. Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

RENUNGAN:

Yesus mengecam orang-orang pada zaman-Nya. Apa sebenarnya yang dikecam Yesus? Yesus menyebut angkatan itu sebagai anak-anak untuk menunjukkan ketidakdewasaan mereka. Mereka stagnan pada tahap ketika anak-anak memakai diri mereka sendiri sebagai tolok ukur yang menentukan tindakan orang lain. Contohnya, jika mereka meniup seruling, maka orang lain haruslah menari, tidak peduli keadaan mereka. Jika mereka menyanyikan kidung duka, mereka haruslah berkabung mengikuti kehendak anak-anak itu. Bukan hanya kehendak mereka yang dijadikan tolok ukur, tetapi juga selera dan perasaan mereka. Misalnya, ketika Yohanes Pembaptis tidak makan dan tidak minum, dia dicap “kerasukan setan”. Apakah itu berarti yang waras adalah mereka yang makan dan minum? Juga tidak, karena Anak manusia datang dan Ia makan dan minum, tetapi dia dicap “seorang pelahap dan peminum.” Berhadapan dengan orang seperti ini, semuanya serba salah. Yang benar hanyalah mereka atau selera mereka sendiri, sehingga akan sulit diikuti oleh orang lain.

Pada masa Adven ini, kita diundang untuk bertobat, yaitu tidak menjadikan diri sendiri sebagai tolok ukur untuk diikuti oleh orang lain. Yang harus menjadi tolok ukur dan penentu tindakan kita ialah kehendak Allah. Tuhanlah yang menentukan jalan-jalan yang harus kita tempuh. Melalui perintah-perintah-Nya, Dia menentukan tindakan kita. Buah dari mengikuti kehendak Allah ialah damai sejahtera dan kebahagiaan.

Ya Yesus, ubahlah hati kami menjadi rendah hati seperti hati-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 10 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel