RENUNGAN PAGI (MINGGU, 28 NOVEMBER 2021)



RENUNGAN PAGI

MINGGU, 28 NOVEMBER 2021

PEKAN ADVEN I (UNGU)

St. Katarina Laboure

BACAAN I: Yer. 33:14-16

MAZMUR : 25:4-5ab.8-9.10.14;

BACAAN II: 1Tes. 3:12-4:2

BACAAN INJIL: Lukas 21:25-28.34-36

RENUNGAN PAGI:

Menanti itu kadang membosankan, apalagi menanti yang tidak jelas, datang kapan dan di mana tanpa melakukan apa-apa. Muncul berbagai godaan mengisi penantian dengan hal-hal tidak bermanfaat atau meninggalkannya. Sebaliknya, penantian itu menjadi menyenangkan dan tidak terasa waktunya ketika diisi dengan berbagai hal yang bermanfaat.

Bersama dengan Gereja sedunia, kita masuk ke dalam Masa Adven. Injil mengingatkan para murid-Nya, bahwa pada saatnya nanti orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Kita diminta menjaga diri dan berjaga-jaga.

Sebagaimana kita ketahui, Adven adalah masa penantian dan pengharapan akan kehadiran Yesus. Masa penantian dibedakan menjadi dua: menanti Yesus Sang Hakim dan menanti Yesus sebagai manusia. Penantian Yesus sebagai Sang Hakim Agung akan kita renungkan mulai Minggu Adven I hingga Minggu Adven Ill. Sedangkan penantian kehadiran Yesus sebagai Imanuel yang penuh kuasa, namun tampak tanpa daya dalam diri bayi yang tergolek di palungan domba direnungkan secara khusus pada Minggu Adven IV.

Sesuai masa itu, hari ini kita diajak merenungkan hari kiamat di mana Tuhan Yesus datang dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Di hari itu akan terjadi memusnahan Yerusalem lama (mereka yang menolak kehadiran Yesus) diganti dengan Yerusalem baru (penerima kehadiran Yesus). Kita diajak berjaga-jaga dari godaan setan yang bermaksud menyesatkan dan menjauhkan manusia dari Tuhan, Sumber Kebahagiaan. Berbagai kenikmatan duniawi dalam jenis, bentuk, dan macamnya tersaji di depan mata, menyusup memanjakan telinga, penciuman atau pengecap, dan sentuhan. Kenikmatan godaan juga masuk melalul rasa atau perasaan dan pikiran serta imajinasi kita. Untuk itu, kita perlu waspada berjaga sambil berdoa, pun menjalankan berbagai aktivitas yang mendukung penantian kita sebagaimana dipesankan Tuhan hari ini. Selamat menapaki Masa Adven. [Br. Antonius Mungsi, O.Carm]

0 Response to "RENUNGAN PAGI (MINGGU, 28 NOVEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel