RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 30 NOVEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 30 NOVEMBER 2021

Pekan Adven I 

Pesta St. Andreas, Rasul (Merah)

BACAAN I: Rm. 10:9-18

MAZMUR: 19:2-3.4-5;

BACAAN INJIL: Matius 4:18-22

Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

RENUNGAN :

Ketika kita berkata bahwa kita sedang khawatir, seketika itu pula timbul kekhawatiran di dalam hati kita. Hal itu menunjukkan bahwa hati dan mulut memiliki fungsinya masing-masing. Dengan hati kita percaya, tetapi dengan mulut kita pun harus mengaku, dan keduanya harus berjalan secara beriringan, sebab percaya dalam hati saja tidaklah cukup, harus dibuktikan dengan pengakuan melalui mulut kita. Jadi, apa yang kita percayai harus sejalan dengan yang kita akui, sebab iman yang bukan bersumber dan hati tidak lebih dari sekadar kemunafikan yang menipu diri sendiri dan orang lain. Seperti yang diajarkan Rasul Paulus kepada jemaat di Roma, “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan” (Rm. 10:9).

Hari ini, kita merayakan Pesta Santo Andreas, rasul. Ayahnya, bernama Yohanes, bekerja sebagai nelayan. Andreas juga bekerja sebagai nelayan. la bersama saudaranya, Simon yang disebut Petrus, merupakan murid-murid pertama Yesus. Panggilan sebagai murid diterima oleh Andreas dan Simon ketika meraka sedang menebarkan jala di danau. Panggilan itu dijawab oleh Anderas dan Simon dengan pergi meninggalkan jalanya dan mengikuti Yesus. lnilah pengakuan iman yang langsung diikuti dengan perbuatan. Tuhan juga memanggil kita dengan cara yang sama, sesuai dengan profesi kita masing-masing. Maka, kalau kita mengaku murid-murid Yesus, kita juga seharusnya mendengarkan panggilan-Nya dan mewartakan cinta kasih Allah kepada semua orang dalam perkataan dan perbuatan kita sehari-hari.

Ya Allah, bantulah kami untuk menjawab ya atas punggilan-Mu supaya kami dapat melakukan apa yang Engkau kehendaki. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 30 NOVEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel