RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 1 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 1 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN I

Pw. B. Dionisius dan Redemptus

BACAAN I: Yes. 25:6-10a

MAZMUR: 23:1-6;

BACAAN INJIL: Injil Matius 15:29-37

Setelah meninggalkan daerah itu, Yesus menyusur pantai danau Galilea dan naik ke atas bukit lalu duduk di situ. Kemudian orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya membawa orang lumpuh, orang timpang, orang buta, orang bisu dan banyak lagi yang lain, lalu meletakkan mereka pada kaki Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya. Maka takjublah orang banyak itu melihat orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat, dan mereka memuliakan Allah Israel. Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan." Kata murid-murid-Nya kepada-Nya: "Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya?" Kata Yesus kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" "Tujuh," jawab mereka, "dan ada lagi beberapa ikan kecil." Lalu Yesus menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh.

RENUNGAN:

Kedatangan Mesias, yang digambarkan Nabi Yesaya, akan membawa sukacita besar seperti perjamuan surgawi dengan hidangan dan minuman yang lezat. Pada saat itu segala kesedihan, kelemahan, kerapuhan, dan maut akan dipulihkan. Inilah pengharapan yang dijanjikan Allah kepada kita melalui kedatangan Mesias. Pengharapan itu terpenuhi dalam diri Yesus yang menyembuhkan orang-orang sakit dan menghapuskan kekurangan dan kerapuhan kita. Orang lumpuh disembuhkan, orang timpang berjalan kembali, orang buta melihat, orang bisu berkata-kata, orang tuli mendengar. Kekurangan makanan dipuaskan oleh Yesus dengan kelimpahan roti.

Masa Adven ini mengajak kita untuk mengarahkan pandangan kita kepada Yesus Kristus yang akan datang, yang merupakan pemenuhan janji Allah dan akan membuat semuanya menjadi baik. Janganlah kita putus asa, menjadi apatis dan kehilangan pengharapan, karena menghadapi penyakit, kerapuhan kita, dan kebobrokan dalam masyarakat. Allah yang datang dalam diri Yesus itu akan membuat semua itu menjadi baik.

Ya Allah, jangan biarkan kami putus asa. Teguhkanlah pengharapan kami bahwa semuanya akan menjadi baik karena kedatangan Yesus, Putra-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 1 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel