RENUNGAN PAGI (KAMIS, 28 OKTOBER 2021)



RENUNGAN PAGI

KAMIS, 28 OKTOBER 2021

PEKAN BIASA XXX 

Pesta St. Simon dan Yudas Rasul (M)

BACAAN I: Ef. 2:19-22

MAZMUR: 19: 2-3.4-5;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 6:12-19

DOA PAGI:

Santo Simon dan Santo Yudas, kalian bagian dari para rasul yang menjadi dasar bangunan rohani beserta para nabi dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Aku pun turut dibangun menjadi tempat kediaman Allah di dalam Roh. Bapa yang Mahakasih, kuatkanlah aku untuk menjadi bagian dari bangunan bersebut dalam Roh dan kebenaran. Amin

RENUNGAN:

Kita pasti pernah dihadapkan pada aneka pilihan dalam hidup, bahkan pilihan yang memiliki konsekuensi dan dampak bagi orang di sekitar kita. Untuk menentukan pilihan itu, kita harus melihat segala konsekuensi dan kemungkinan dan setiap pilihan. Mengambil keputusan adalah suatu tindakan yang sering kali tidak mudah dilakukan, walaupun keputusan itu kelihatannya sederhana. Oleh karena itu, banyak orang tidak mau mengambiI keputusan karena takut menghadapi risikonya.

Yesus mengajarkan bahwa dalam mengambil keputusan, perlu menyertakan Allah dengan berdoa. Yesus yang berdoa semalam-malaman di atas gunung sebelum memilih dua belas rasul-Nya menunjukkan kepada kita betapa pentingnya berdoa sebelum menentukan pilihan. Setelah para rasul terpilih, Yesus melibatkan mereka dalam pewartaan-Nya. Yesus menyembuhkan orang-orang yang sakit dan mengusir roh-roh jahat. Yesus menunjukkan tugas dan tanggung jawab seorang murid. Dalam pelayanan Yesus bersama para murid banyak orang percaya dan sembuh. Kuasa Tuhan terjadi dan mereka yang menjamah-Nya jadi sembuh seketika.

Yesus berkarya bersama para murid sebagai tim yang solid. Ini tampak dengan saling membantu, meneguhkan, dan berjalan bersama. Semua pelayanan dikerjakan demi kemuliaan Tuhan. Maka membangun semangat team work sangat penting. Saling mendoakan sesama anggota tim menjadi kebutuhan terdalam dalam karya kita. Karya pelayanan akan beres jika masing-masing anggota memberikan dirinya secara total. Apa yang dilakukan oleh Yesus sungguh menginspirasi kita.

Sebelum memutuskan hal yang sangat penting la berdoa. Kadang kita tergesa-gesa dan gegabah dalam membuat keputusan. Bisa jadi, dasar untuk membuat keputusan hanya soal senang tidak senang, menguntungkan atau merugikan. Kita kadang kurang matang dan dangkal dalam mengambil keputusan. Tidak jarang keputusan kita keliru. Maka sebelum membuat keputusan, hendaknya kita tenang sejenak, mohon terang Roh Kudus. [Sr. Sarlita Simbolon H.Carm]

"Kristus menyatakan luhurnya jabatan sebgai Rasul yang 
kuasa mulia tak terhingga yang diberikan kepada mereka"
(St. Sirilus dari Aleksandria)

0 Response to "RENUNGAN PAGI (KAMIS, 28 OKTOBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel