RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 9 OKTOBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 9 OKTOBER 2021

PEKAN BIASA XXVII (Hijau)

Abraham; St. Yoh. Leonardus

BACAAN I: Yl. 3:12-21

MAZMUR: 97:1-2.5-6.11-12;

BACAAN INJIL: Lukas 11:27-28

Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: "Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau." Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."

RENUNGAN:

Kebahagiaan Dunia vs Kebahagiaan Rohani. Injil pada hari ini sangat pendek karena cuma ada dua ayat. Kata kuncinya adalah kebahagiaan. Apa anti kebahagiaan dalam Injil pada hari ini? Diungkapkan: “Berbahagialah ibu yang telah mengandung engkau dan susu yang telah menyusui engkau? Hal itu dinyatakan oleh perempuan yang ada di sekitar Yesus. Namun, Yesus berkata: “Yang berbahagia adalah yang mendengarkan Firman Allah dan yang memeliharanya.”

Setiap orang punya kebahagiaannya masing-masing dan tidak bisa disamaratakan. Ada yang bahagia ketika dia punya mainan, ada yang bahagia ketika dia punya gadget baru, ada yang bahagia ketika dia punya pacar, ada yang bahagia ketika bisa beli rumah, ada juga yang bahagia ketika selesai sekolah mendapat gelar bisa bekerja, dan seterusnya. Seorang pembimbing rohani bernama Anthony De Mello mengungkap bahwa ternyata bahagia itu sederhana. Kebahagiaan itu adalah menikmati waktu kekinian kita saat ini. Kalau saat ini Anda berusia 70, bahagialah sebagai orang yang berumur 70 tahun. 

Yesus menegaskan kebahagiaan pada akhirnya harus bertumbuh bukan sekadar kebahagiaan manusiawi dan duniawi, tetapi kebahagiaan harus mengarah pada sesuatu yang sifatnya rohani yang tidak bisa diambil oleh siapa pun. Kalau kebahagiaan kita terletak pada hal-hal material, pada gilirannya barang-barang material itu hilang, maka kita akan kehilangan kebahagiaan hidup. Tetapi, ketika kebahagiaan itu bersifat rohani, kita akan semakin dekat dengan Tuhan dan mampu menerima keadaan apa pun.

Tuhan Yesus, semoga kami tidak larut dalam euforia akan kebahagiaan yang fana, tetapi tuntunlah kami agar selalu mengupayakan kebahagiaan kekal melalui tutur kata dan karya kami masing-masing. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 9 OKTOBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel