RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 23 OKTOBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 23 OKTOBER 2021

PEKAN BIASA XXIX (Hijau)

Pw. St. Yohanes Kapestrno

BACAAN I: Rm. 8:1-11

MAZMUR: 24:1-6;

BACAAN INJIL: Lukas 13:1-9

Pada waktu itu datanglah kepada Yesus beberapa orang membawa kabar tentang orang-orang Galilea, yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah korban yang mereka persembahkan. Yesus menjawab mereka: "Sangkamu orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea yang lain, karena mereka mengalami nasib itu? Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian. Atau sangkamu kedelapan belas orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan semua orang lain yang diam di Yerusalem? Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian." Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya. Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma! Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"

RENUNGAN:

Dosa dan penderitaan. “Mengapa aku menderita? Mengapa aku tertimpa musibah? Mengapa aku sakit? Apakah ini sebagai hukuman atas dosaku? Atau sebaliknya orang berpikir: “Aku sudah berbuat baik, aku hidup sudah mencoba benar, mengapa aku mendapatkan cobaan ini?” Tanpa sadar kita selalu mengaitkan antara dosa dan penderitaan itu secara otomatis. Kiranya Injil pada hari ini memberi pencerahan yang dapat kita mengerti. Para murid membawa kabar bahwa orang-orang dikorbankan dalam persembahan oleh Pilatus. Lalu, Yesus menjawab: “Sangkamu orang-orang itu lebih besar dosanya daripada dosa semua orang yang lain karena mereka mengalami nasib seperti itu? Atau sangkamu delapan belas orang yang mati ditimpa menara Siloam lebih besar kesalahannya daripada kesalahan semua orang lain?”

Dari kalimat Yesus di atas sebenarnya kita bisa menegaskan bahwa doa dan penderitaan tidak pernah berbanding lurus. Ada banyak hal yang sulit untuk kita pahami ketika kita menghadapi salib dan penderitaan. Maka, kesimpulan kita adalah penderitaan bisa datang kepada siapa  pun baik orang yang berdosa maupun orang saleh. Kita tidak pernah luput dari yang namanya penderitaan selama kita hidup di dunia. Ada penderitaan yang kita alami untuk menguji iman kita. Tuhan memberikan jalan salib untuk mernbuktikan kesetiaan iman kita. Tetapi, jangan pernah lupa janji Tuhan, la tidak pernah memberikan cobaan yang melampaui kekuatan kita. Maka, bertekunlah melewati setiap penderitaan dan salib kehidupan kita di dunia ini. Kita percaya bahwa jalan keselamatan tetap terbentang buat kita asalkan kita tekun melewatinya.

Yesus, tabahkanlah kami dalam memikul salib di sepanjang jalan hidup ini. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 23 OKTOBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel