RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 24 SEPTEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 24 SEPTEMBER 2021

PEKAN BIASA XXV (Hijau)

St. Gerardus dr. Hungaria

BACAAN I: Hag. 2:1b-10

MAZMUR: 43:1-4;

BACAAN INJIL: Lukas 9:19-22

Jawab mereka: "Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit." Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah." Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun. Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

RENUNGAN:

Dalam Injil hari ini, Petrus menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias. Jawaban Simon Petrus itu paling tepat dibandingkan dengan jawaban dan murid-murid yang lain tentang jati diri Yesus. Akan tetapi, Yesus melarang mereka untuk memberitahukan kepada banyak orang apa yang telah dikatakan oleh Petrus itu.

Pengakuan Petrus tentang Yesus sebagai Mesias memang benar. Namun, Petrus sendiri tidak siap untuk mengikuti Mesias yang harus menderita dan sengsara, bahkan wafat di salib. Kita tahu bahwa Petrus sebanyak tiga kali tidak mau mengakui bahwa ia murid Yesus. Mengucapkan bahwa Yesus Tuhan dan mengakui semua karya-karya-Nya yang luar biasa itu mudah. Yang tidak adalah saat kita harus menanggung sengsara dan menderita seperti yang Yesus alami.

Beriman tidak cukup berhenti pada pengakuan dan pengetahuan saja tetapi juga harus sampai pada komitmen dan konsistensi kita dalam menjalankan ajaran Tuhan dengan segala konsekuensinya. Menjadi murid Kristus tidak hanya berhenti pada kata-kata tetapi harus mewujud dalam tindakan-tindakan nyata, yang menggambarkan bahwa kita memang murid-murid Mesias, termasuk saat kita harus menderita karena percaya kepada Yesus.

Tuhan Yesus, semoga kami dapat menjadi murid-murid-Mu yang setiap saat menjalankan hal-hal yang baik dan benar serta kuat menghadapi berbagai kesulitan karena iman kami kepada-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 24 SEPTEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel