RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 14 AGUSTUS 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 14 AGUSTUS 2021

PEKAN BIASA XIX

Pw. St. Maximilianus Maria Kolbe (Merah)

BACAAN I: Yos. 24:14-29

MAZMUR: 16:1-2a.5.7-8.11;

BACAAN INJIL: Matius 19:13-15

Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

RENUNGAN:

Anak kecil itu bisa bertingkah lucu dan menyenangkan, tetapi kadang mereka bisa mengganggu dan menjengkelkan. Cinta dan perhatian yang dicurahkan kepada mereka acap kali menuntut banyak kesabaran. Bila para murid Yesus memarahi anak-anak yang datang mendekati Yesus, boleh jadi karena mereka kehabisan kesabaran dan menganggap anak-anak sebagai pengganggu saja. Namun, Yesus mengingatkan para murid bahwa Kerajaan Allah ini tidak ditujukan hanya kepada mereka yang telah dewasa, dapat berpikir sendiri, dan hidup tertib. Kerajaan Allah juga ditujukan kepada mereka yang kecil, kekanak-kanakan belum bisa berpikir mandiri, dan mungkin kehadirannya mengganggu. Allah tidak pilih kasih, tetapi sengaja memberi perhatian ekstra kepada mereka yang lemah dan lebih memerlukan cinta serta perhatian.

Bersikap adil bagi Allah tidak berarti memperlakukan semua orang secara sama begitu saja, tetapi masing-masing diperlakukan seturut kondisi dan kebutuhannya. Bangsa Israel sering kali bertingkah seperti kanak-kanak: mudah tergoda mencari nikmat sesaat sehingga sangat mudah pula merengek kesakitan bila harus menanggung kesukaran. Mereka kerap tidak tertib mengikuti perintah Allah, mudah lupa atau ingkar janji, lalu menyembah ‘allah’ lain, yaitu ‘allah’ yang memberi kenikmatan sesuai harapan mereka sendiri (= berhala). Namun, Allah mengasihi mereka dengan kesabaran dan keadilan. la tahu kapan harus menghukum dan memberi didikan. Tiap kali la membarui perjanjian dengan mereka dan tak jemu-jemunya mengingatkan. “Sekarang, jauhkanlah allah asing yang ada di tengah-tengah kamu dan condongkanlah hatimu kepada Tuhan, Allah Israel” (Yos 24:23). Adakah ‘allah lain’ dalam hidupku?

Bapa Yang Mahabaik, maafkanlah kami bila sering bersikap kekanak-kanakan di hadapanmu dan jauhkanlah kami dan segala bentuk berhala yang menyenangkan namun menyesatkan. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 14 AGUSTUS 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel