RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 19 AGUSTUS 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 19 AGUSTUS 2021

PEKAN BIASA XX (HIJAU) 

St. Yohane Eudes

BACAAN I: Hak. 11:29-39a

MAZMUR: 40:5.7-10;

BACAAN INJIL: Matius 22:1-4

Lalu Yesus berbicara pula dalam perumpamaan kepada mereka: "Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya. Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang. Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini.

RENUNGAN

Orang yang memiliki integritas itu tak pernah mengobral janji tanpa realisasi. lnilah yang dilakukan Yefta. la telah berjanji, bila ia menang perang, ia hendak mengurbankan apa pun yang pertama keluar dan rumahnya sewaktu pulang untuk Tuhan. Yang keluar ialah anak tunggalnya. Merawat integritas tak dapat diwujudkan tanpa komitmen dan pengurbanan diri. Meski berat, Yefta mengurbankan anaknya: ‘Aku telah membuka mulutku bernazar kepada Tuhan, dan tidak dapat aku mundur” (Hak 11:35). Ia pun berkenan di mata Tuhan.

Allah tak pernah ingkar janji. la bagaikan seorang raja yang mengundang orang untuk datang ke dalam pesta sang putra. Karena para undangan menolak datang, ia menyuruh utusannya untuk mengundang semua orang, entah itu orang baik atau orang jahat, ke dalam pesta. la tidak memandang perbedaan; semua diberi kesempatan tanpa pandang bulu. Ada yang meng-iya-kan tetapi kemudian datang tanpa pakaian pesta yang Iayak. Orang ini gagal satu kata satu perbuatan. lya di mulut tanpa diikuti dengan tindakan yang sepadan. Menggenapi apa yang telah dikatakan butuh penjuangan. Kata-kata pujian kita menyukakan Tuhan, tapi bila tanpa diikuti dengan tindakan yang sepadan, semuanya itu tak akan membuat-Nya sungguh berkenan.

Tuhan, ajarlah kami untuk bisa satu kata dan satu perbuatan. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 19 AGUSTUS 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel