RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 5 JULI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 5 JULI 2021

PEKAN BIASA XIV (Hijau)

St. Antonius Maria Zakaria

BACAAN I: Kej. 28:10-22a

MAZMUR : 91:1-2.3-4.14-15;

BACAAN INJIL: Matius 9:18-26

Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup." Lalu Yesuspun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya. Pada waktu itu seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan maju mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya. Karena katanya dalam hatinya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: "Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau." Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu. Ketika Yesus tiba di rumah kepala rumah ibadat itu dan melihat peniup-peniup seruling dan orang banyak ribut, berkatalah Ia: "Pergilah, karena anak ini tidak mati, tetapi tidur." Tetapi mereka menertawakan Dia. Setelah orang banyak itu diusir, Yesus masuk dan memegang tangan anak itu, lalu bangkitlah anak itu. Maka tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu.

RENUNGAN:

Penyembuhan yang mengagumkan menjadi tanda kehadiran kekuatan Kerajaan Surga yang diwartakan Yesus. Maka, ketika murid-murid Yohanes Pembaptis bertanya kepada Yesus: Apakah Dia yang harus mereka nantikan ataukah orang lain? Yesus menunjukkan apa yang Ia perbuat. Penyembuhan menjadi tanda hadirnya Kerajaan itu.

Umat beriman yang bersatu dalam persekutuan kasih menyatakan diri sebagai Gereja. Gereja menjadi tanda dan sarana keselamatan Allah bagi umat manusia. Maka, menjadi tugas Gereja meneruskan kuat kuasa Yesus Kristus yang  menyembuhkan tersebut. Untuk meneruskan perutusan itu, umat beriman diharapkan tetap bersatu dengan Yesus yang menjadi sumber kekuatannya. Hanya dengan demikian, kekuatan Allah yang meraja akan mengalir dalam hidupan orang beriman. 

Maka, sebagaimana dahulu (Perjanjian Lama) mimpi menjadi sarana Allah menuntun umat-Nya, demikian juga kita, Gereja, kiranya harus menjadi sarana dan keselamatan umat manusia sekarang ini. Hal ini terjadi kalau kita selalu mencari, menemukan, dan melaksanakan kehendak Allah. Allah akan melindungi dan membimbing kita menuju pada tujuan akhir hidup kita, yakni “sembuh” secara total alias selamat. Maka, usahakanlah kehadiran kita sebagai Gereja menjadi tanda dan sarana keselamat itu.

Ya Tuhan, Engkau adalah Sang Penyembuh dan Penyelamat yang menuntun kami pada keselamatan. Kuatkanlah iman kami supaya kami selama peziarahan di dunia ini sungguh menjadi tanda dan sarana keselamatan yang datang dari-MU. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 5 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel