RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 26 JULI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 26 JULI 2021

PEKAN BIASA XVII

PW. St. Yoakim dan Sta. Anna orang tua SP Maria (Putih) 

BACAAN I: Sir. 44:1.10-15

MAZMUR : 132:11.13-14.17-18;

BACAAN INJIL: Matius 13:16-17

Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

RENUNGAN:

Anna dan Yoakim adalah orangtua Maria, Bunda Yesus. Mereka dikenal sebagai orang yang setia menjalankan kewajiban-kewajiban agama serta dengan ikhlas mengasihi dan mengabdi Allah. Keduanya pun layak di hadapan Allah untuk turut serta dalam karya keselamatan Allah. Kisah tentang St. Anna tidak ada dalam Injil. Kisah tentang mereka ada dalam cerita apokrif. Nama Yoakim dan Anna sungguh sesuai dengan maksud pilihan Allah. Yoakim berarti “persiapan bagi Tuhan”, sedangkan Anna berarti “rahmat atau karunia”.

Ibu Anna namanya sangat harum. Selama perkawinanannya dengan Yoakim, Anna tak henti-hentinya mengharapkan karunia Tuhan berupa seorang anak. Cukup lama Ia menanti hingga karunia itu pun tiba. Malaikat Tuhan mengunjungi Anna yang sudah lanjut usia itu dan membawa kabar gembira ini: “Tuhan mendengarkan doa, Ibu! Ibu akan melahirkan seorang anak perempuan, yang akan membawa sukacita besar bagi seluruh dunia”. Lalu, mengandunglah Anna dan melahirkan seorang putri yang dinamai Maria, yang nantinya akan menjadi Bunda Yesus.

Mari kita meneladan keutamaaan orangtua Bunda Maria, St. Anna dan Yoakim. Kepasrahan total mereka terhadap rencana Allah membuat mereka diganjar dengan rahmat berlimpah ruah, yaitu seorang perempuan yang suci hidupnya. Ia adalah Maria, bunda yang melahirkan Penyelamat. Ia adalah Hawa baru yang taat dan setia pada Allah.

Ya Tuhan, jadikanlah semua orang tua memiliki sikap seperti Anna dan Yoakim, yang selalu setia dan mematuhi apa yang menjadi kewajiban mereka sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 26 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel