RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 19 JULI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 19 JULI 2021

PEKAN BIASA XVI (Hijau)

St. Arsenius Agung; Sta. Aurea

BACAAN I: Kel. 14:5-18

MAZMUR : 15:1-6;

BACAAN INJIL: Matius 12:38-42

Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu." Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus! Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"

RENUNGAN:

Banyak orang seperti kaum Farisi yang menginginkan tanda dari Yesus. Tampaknya, orang merasa aman bila melihat yang formal. Padahal, kita tahu bahwa tanda bukti resmi itu lahiriah sifatnya. Maka, bukan surat resmi yang membuktikan bahwa orang berkelakuan baik, melainkan perilakunya setiap hari. 

Yesus tidak mau memberi tanda bukti lain kecuali tanda Nabi Yunus. Adapun Yunus memberitakan pertobatan kepada orang-orang Niniwe setelah Ia tinggal dalam perut ikan tiga hari tiga malam lamanya. Yesus sendiri Iebih dari Nabi Yunus. Ia Mahakuasa, Putra Allah Yang Mahatinggi. Ketegaran hati kaum Farisi dan ahli-ahli Taurat-lah yang mengaburkan pandangan mereka sehingga mereka masih meminta tanda.

Dalam hidup sehari-hari, sebenarnya ada banyak tanda dan Allah yang menunjukkan bahwa Allah sungguh mengasihi kita. Kita bisa bangun dan menyongsong hari baru, masih mendapatkan sesuap nasi untuk di nikmati; senyuman yang terpancar tulus dari istri, suami, anak-anak, rekan kerja, dan teman sekomunitas; udara yang kita hirup; hujan dan gerimis, dan segala cuaca; adalah bukti nyata bahwa Allah tidak membiarkan kita terlunta-lunta di belantara hidup ini.

Ya Tuhan, kami akan berusaha untuk tidak minta tanda-tanda dan-Mu. Buatlah kami sudar dan percaya bahwa Engkau sungguh-sungguh menyertai perjalanan kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 19 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel