RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 6 JULI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 6 JULI 2021

PEKAN BIASA XIV (HIJAU)

Sta. Maria Goretti PrwMrt

BACAAN I: Kej. 32:22-32

MAZMUR: 17:2-3.6-7.8b.15;

BACAAN INJIL: Matius 9:32-38

Sedang kedua orang buta itu keluar, dibawalah kepada Yesus seorang bisu yang kerasukan setan. Dan setelah setan itu diusir, dapatlah orang bisu itu berkata-kata. Maka heranlah orang banyak, katanya: "Yang demikian belum pernah dilihat orang di Israel." Tetapi orang Farisi berkata: "Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan." Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."

RENUNGAN:

Penyembuhan orang bisu yang dilakukan oleh Yesus menimbulkan kesan beraneka ragam. Ada orang mengagumi karya-Nya, namun ada juga yang melihat karya itu sebagai perbuatan setan, di mana Yesus dituduh menggunakan jasa dan kekuatan kepala setan.

Orang yang tertutup hatinya bisa saja melihat kebaikan sebagai ancaman baginya. Dengan demikian, yang dilihat hanyalah kekurangan pada orang lain. Sebaliknya, orang yang sungguh terbuka hatinya bagi kebaikan akan melihat karya yang membahagiakan sebagai berkah. Yesus melayani sesama-Nya agar berkat Allah dirasakan oleh manusia. Maka, para murid-Nya juga diharapkan mencerminkan pelayanan demikian dalam kehidupan mereka. 

Jarang ada orang yang berani berbuat demikian. Orang mengetahui bahwa yang baik itu berguna. Tetapi, berbuat baik membutuhkan panggilan istimewa. Maka, murid-murid Yesus diminta agar banyak pekerja dalam panenan kebaikan itu. Apakah hati nurani kita tetap kita latih sehingga terus peka akan hal itu, agar banyak orang dapat kita layani dengan hati yang berbelas kasih?

Ya Tuhan, curahkanlah Roh-Mu kepada kami sehingga kami sanggup bekerja menuai panenan yang Kaumiliki. Terpujilah Engkau kini dan sepanjang masa. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 6 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel