RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 20 JULI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 20 JULI 2021

PEKAN BIASA XVI (HIJAU)

Elia, Nabi; Sta. Margaretha dr Antiokhia;

BACAAN I: Kel. 14:21-15:1

MAZMUR: Kel. 15:8-9.10.12.17;

BACAAN INJIL: Matius 12:46-50

Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. Maka seorang berkata kepada-Nya: "Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau." Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?" Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

RENUNGAN:

Dasar hidup baru dalam pembangunan hidup bersama sebagai murid Yesus adalah melaksanakan kehendak Allah. Hal tersebut melampaui batas-batas “darah dan daging”, kesukuan, daerah asal, dll. Ikatan keluarga yang sejati adalah ikatan karena melaksanakan kehendak AIIlah. Sementara ikatan yang didasarkan pada kategori-kategori manusia hanyalah sementara dan rapuh. Tidak kuat. Sesewaktu bisa putus dan ambruk. Berbeda dengan ikatan yang dasarkan pada kehendak Allah. la abadi dan awet sekaligus mendatangkan sukacita sejati.

Gereja Kristus dibangun di atas dasar melaksanakan kehendak Allah itu. Semua orang dan berbagai penjuru dunia datang dan bersatu dalam ikatan itu. Darah dan kesukuannya tidak akan pernah membatasi orang untuk masuk dalam kawanan Kristus, Sang Gembala Agung. Oleh karena itu, dasar Gereja itu harus dirawat dan diupayakan terus-menerus dalam semangat pertobatan. Dengan demikian, Gereja tidak tampil sekadar sebagai organisasi yang rapi dan disiplin, tetapi sebuah paguyuban umat beriman yang dinamis. 

Ya Tuhan, kami percaya bahwa Engkaulah yang membangun Gereja, mempersatukan seluruh umat manusia dari berbagai belahan dunia dan membentuk satu keluarga kasih. Sertailah kami dalam merawat Gereja yang Engkau bangun untuk kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 20 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel