RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 3 JULI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 3 JULI 2021

PEKAN BIASA XIII

Pesta St. Tomas, Rasul (Merah)

BACAAN I: Ef. 2:19-22

MAZMUR: 117:1.2;

BACAAN INJIL: Yohanes 20:24-29

Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

RENUNGAN:

Ada tiga sikap Tomas terhadap Tuhan Yesus yang kiranya patut kita renungkan. Pertama, “Ayo, kita pergi juga! Biarlah kita mati bersamsa-sama dengan Dia” (Yoh. 11: 16). Di sini, Tomas tidak mau membiarkan Tuhan Yesus pergi sendirian menantang bahaya. Kedua, Tomas adalah seorang yang terus terang, polos dan tidak malu-malu menyatakan ketidaktahuannya. “Kami tidak tahu ke mana Engkau pergi, jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?” (Yoh. 14:5). Keraguan Tomas mengundang Yesus untuk menyingkapkan rahasia Tritunggal yang mendalam itu: ‘Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tak seorang pun datang kepada Bapa tanpa melalui Aku. Kalau kamu mengenal Aku, kamu juga mengenal Bapa-Ku” (Yoh.14:6-7). Ketiga, “Sebelurn aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya”(Yoh. 20:25). Namun, setelah Yesus hadir mempakkan diri lagi dan setelah menunjukkan apa yang diinginkan Tomas, Tomas menyatakan: “Ya Tuhanku dan Allahku” (Yoh. 20:28).

Dari sinilah akhirnya janji atau pernyataan Yesus berikutnya melegakan dan membahagiakan kita semua yang percaya kepada-Nya. Dia berfirman, “Karena kau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya” (Yoh. 20:29). Kita percaya bahwa Yesuslah sumber kekuatan kita. la hadir dan menyertai kita dalam seluruh pergumulan hidup kita.

Ya Allah, berilah kami iman yang benar dan harapan yang teguh, sehingga tanpa ragu kami mempercayakan seluruh suka dan duka hidup kami ke dalam tangan kasih-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 3 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel