RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 21 JULI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 21 JULI 2021

PEKAN BIASA XVI (HIJAU)

Sta. Agnes; St. Augurius dan Eulogius.

BACAAN I: Kel. 16:1-5.9-15

MAZMUR: 78:18-19.23-24.25-26.27-28;

BACAAN INJIL: Injil Matius. 13:1-9

Pada hari itu keluarlah Yesus dari rumah itu dan duduk di tepi danau. Maka datanglah orang banyak berbondong-bondong lalu mengerumuni Dia, sehingga Ia naik ke perahu dan duduk di situ, sedangkan orang banyak semuanya berdiri di pantai. Dan Ia mengucapkan banyak hal dalam perumpamaan kepada mereka. Kata-Nya: "Adalah seorang penabur keluar untuk menabur. Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis. Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar. Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati. Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

RENUNGAN:

Perumpamaan yang digunakan Yesus bertujuan bukan hanya agar misteri Kerajaan Allah menjadi jelas, melainkan juga agar misteri itu menantang para pendengarnya untuk menyadari karya Allah yang mengagumkan dalam hidup ini. Perumpamaan itu membuka mata, budi, dan hati kita akan kenyataaan hidup yang mengagumkan sekaligus menggetirkan.

Firman Tuhan pada hari ini mengajak kita agar tidak berkecil hati atas tantangan zaman yang beraneka ragam. Firman Allah bisa saja jatuh dipinggir jalan, bisa dipatuk burung dan habis riwayatnya, bisa tumbuh dan mati lemas karena tanah berbatuan dan juga bisa dihambat oleh semak duri. Tetapi bagi siapa yang menyediakan tanah subur, benih akan menghasilkan buah-buah yang baik.

Maka, marilah kita berusaha menyuburkan lahan (hati, budi, dan hidup kita) sehingga firman Tuhan yang ditabur sungguh dapat hidup dan berbuah. Kerendahan hati dan kesiapsediaan untuk membaca, merenungkan dan mengambil hikmah Firman Tuhan menjadi pintu gerbang bagi kita untuk menemukan jalan Allah, jalan yang menuntun kita pada hidup yang baik dan yang berlimpah berkat dan cinta.

Ya Tuhan, kami siap mendengar dan melaksanakan Firman-Mu. Semoga Engkau memberkati usaha kami sehingga hidup kami menghasilkan buah yang lezat bagi keluarga, masyarakat, dan dunia. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 21 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel